Politik Pemerintahan

Pilkades Serentak Bojonegoro

Calon Kades di Dua Desa Akan Diseleksi Ulang

foto/ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Calon Kepala Desa (Kades) yang ada di Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngablak, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro akan diseleksi ulang. Hal itu lantaran jumlah peserta Pilkades serentak yang akan digelar pada 26 Juni 2019 memiliki calon lebih dari lima orang.

Tahapan Pilkades serentak saat ini memasuki Penelitian Berkas Administrasi Bakal Calon Kepala Desa. Nah, saat tahap Pendaftaran Bakal Calon Kades tersebut ditutup pada Kamis (25/4/2019), terdapat dua desa, yang bakal calon kepala desa, lebih dari lima orang.

Berkaitan hal tersebut, jika nantinya setelah dilaksanakan Penelitian Berkas Administrasi Bakal Calon Kepala Desa dan dalam hal Bakal Calon Kepala Desa yang memenuhi persyaratan masih didapati lebih dari lima orang, maka harus dilaksanakan seleksi oleh Panitia Pemilihan Kabupaten, salah satunya melalui Seleksi Ujian Tulis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Faisol Ahmadi mengatakan, dari 156 desa di Kabupaten Bojonegoro yang akan menggelar pilkades serentak, terdapat dua desa yang bakal calon kepala desa yang mendaftar lebih dari lima orang, yaitu Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngablak, yang keduanya berada di Kecamatan Dander.

“Saat ini masih dilaksanakan Penelitian Berkas Administrasi Bakal Calon Kepala Desa, jika Bakal Calon Kepala Desa yang memenuhi persyaratan masih lebih dari lima orang, maka harus dilaksanakan seleksi ujian tulis,” kata Faisol, Selasa (21/5/2019).

Menurut Faisol, hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2015, tentang Kepala Desa, Pasal 29 Ayat (1) yang berbunyi, dalam hal Bakal Calon Kepala Desa yang memenuhi persyaratan lebih dari lima orang, maka dilakukan seleksi oleh Panitia Pemilihan Kabupaten.

Selain itu, mekanismenya diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro Nomor 29 Tahun 2016, tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah kabupaten Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Kepala Desa. Yakni, Pasal 8 yang berbunyi, Bakal Calon Kepala Desa yang memenuhi persyaraan lebih dari lima orang, maka dilakukan seleksi oleh Panitia Pemilihan Kabupaten.

“Kriterianya didasarkan atas pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, usia, tingkat pendidikan, dan seleksi ujian tulis,” kata Faisol Ahmadi. Sekadar diketahui, pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Bojonegoro akan diikuti sebanyak 156 desa. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar