Politik Pemerintahan

Calon Haji Asal Ponorogo 505 Jemaah, 2 Batal Berangkat

Ponorogo (beritajatim.com) – Jumlah total jemaah calon haji (calhaj) 2019 asal Ponorogo yang akan berangkat ke tanah suci ada 505 orang. Ada 2 calon haji yang gagal berangkat pada tahun ini, yang pertama karena sakit dan yang kedua karena mengalami patah tulang karena kecelakaan.

”Namun 2 jemaah yang gagal berangkat ini, tahun depan akan diprioritaskan,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Ponorogo Mohamad Thohari, Kamis (4/7/2019).

Thohari sapaan akrabnya mengungkapkan jemaah calhaj yang berangkat tahun ini terbagi menjadi 2 kloter. 60 jemaah ada dikloter 2 dan 445 jemaah sisanya dikloter 3 embarkasi Surabaya.

”Jumat (5/7/2019) dini hari nanti jemaah yang tergabung dikloter 2 berangkat ke Surabaya. Sedangkan yang kloter 3 berangkat lusanya,” katanya.

Hari ini, kata Thohari jadwalnya semua calhaj mengumpulkan koper ke kantor Kemenag Ponorogo. Untuk koper maksimal beratnya 32 kg, tidak diperkenankan benda cair dan gas masuk koper.

”Semua koper nanti malam akan dikirim ke embarkasi Surabaya,” katanya.

Thohari menambahkan jika tahun lalu pemerintahan Saudi Arabia menoleransi penggunaan jaring untuk keamanan koper. Tahun ini tidak diperkenankan, namum masih boleh jika dipasangi sabuk pengaman koper.

”Ketentuannnya 1 jemaah membawa 1 koper, 1 tas tenteng dan 1 tas paspor,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar