Politik Pemerintahan

Temuan Panwaslu Gubeng

Caleg DPR RI Inisial BH Diduga Gunakan Dana Reses untuk Kampanye

Surabaya (beritajatim.com) – Caleg DPR RI dari Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo berinisial BH dilaporkan ke Bawaslu Kota Surabaya terkait dugaan penyelewengan dana reses untuk kampanye. Laporan ini berawal dari temuan Panwaslu Kecamatan Gubeng.

Kamis (11/4/2019), Jonathan Prasetya Nafi selaku Panwaslu Kecamatan Gubeng melaporkan temuan ini kepada Bawaslu Kota Surabaya.

“Kronologinya, pada 4 April sore pukul 15.00, ada izin kegiatan sosialisasi caleg DPR RI dan Provinsi. Yang caleg RI, berinisial BH. Ternyata, ketika acara usai, para peserta sosialisasi dipanggil dan diberi uang. Ketika Ketua Pelaksana kami tanyai, katanya ini reses. Padahal izin yang masuk ke kami sosialisasi caleg. Untuk itu temuan ini kami laporkan ke Bawaslu agar ditindaklanjuti karena jadi ada dugaan penyalahgunaan dana reses untuk berkampanye,” kata Jonathan.

“Alat bukti temuan yang kami lampirkan berupa foto-foto kegiatan, dan video kegiatan yang menunjukkan adanya amplop berisi uang. Ketika kejadian pun saya sendiri berada di sana bersama 4 orang. Termasuk Panwas Kelurahan Juwingan. Kegiatan ini diselenggarakan di Jalan Juwingan 55,” tambahnya.

Laporan temuan yang diserahkan Jonathan itu diterima oleh Komisioner Bawaslu Kota Surabaya Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Hidayat. Menurut Hidayat, laporan yang sudah diterima itu akan segera ditindaklanjuti. “Akan kami segera plenokan bersama 5 orang Komisioner Bawaslu Kota Surabaya,” ujarnya.

“Untuk sanksi ada dua, bisa administratif bisa pidana. Tentunya akan kami kaji secara matang terkait ini. Kalau administratif ini berupa teguran. Kalau pidana, nanti akan kami serahkan ke Gakkumdu untuk dibahas. Bisa berujung pidana 2 tahun atau denda,” tegas Hidayat.

Terkait partai tempat BH bernaung, Hidayat mengaku enggan menyebutkan nama partainya. “Arahan Ketua Bawaslu tadi hanya disebutkan bahwa partainya adalah partai peserta Pemilu 2019,” pungkasnya.

Hanya saja, beberapa saat sebelumnya, Jonathan selaku pelapor temuan mengungkapkan bahwa BH merupakan caleg DPR RI asal Partai Gerindra. “Caleg DPR RI asal Gerindra berinisial BH,” tegas Jonathan. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar