Politik Pemerintahan

Bupati Tuban Ajak Tukang Becak dan PKL Salat Jamaah

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan tukang becak dan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan makam Sunan Bonang diajak Bupati Tuban Fathul Huda untuk salat berjamaah. Selain itu, mereka juga diajak mengaji bersama di masjid Pendopo Tuban.

Kegiatan tersebut dilakukan bupati guna menjalin silaturahmi. Dalam kesempatan itu, Pemkab Tuban memberikan bantuan dan beasiswa kepada salah satu tukang becak yang masih pelajar, Rabu (8/1/2020). Salat berjamaah dan ngaji bersama itu diikuti sekitar 75 orang. Sedangkan PKL di sekitar komplek makam wali tersebut yang ikut dalam kegiatan pengajian sebanyak 25 orang.

Bupati menyampaikan kebahagiaannya karena dapat beribadah dan berkumpul bersama tukang becak dan para PKL. “Tukang becak dan PKL adalah pekerjaan yang mulia dan halal. Selama menjalankan pekerjaanya, harus diniatkan beribadah kepada Allah. Selain giat bekerja juga harus giat beribadah,” ungkap bupati di hadapan puluhan mereka.

Bupati menegaskan bahwa Pemkab Tuban terus berupaya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Tuban, yakni yang mencakup sejahtera di dunia dan akhirat. Pemkab Tuban juga memberi sejumlah bantuan sosial dalam berbagai bentuk, mulai dari BPNTD, PKH, maupun lainnya.

“Bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan dan belum mendapatkan bansos, segera lapor ke petugas PKH, perangkat desa, atau camat,” tegas Bupati Tuban dua periode tersebut.

Sementara itu, tukang becak yang menerima beasiswa adalah Mohammad Teguh Wahyudi, siswa SMK swasta yang sehari-hari mengayuh becak usai bersekolah dan saat libur sekolah. “Bantuan beasiswa itu diberikan lantaran penerima semangat untuk belajar dan membantu orang tuanya yang juga tukang becak. Beasiswa akan digunakan untuk membayar SPP sampai lulus,” tambah Eko Julianto, Kabag Kesra Setda Tuban. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar