Politik Pemerintahan

Bupati Sumenep Anggarkan Rp 2,5 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menjelaskan, pihaknya mengusulkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk pencegahan dan penanganan covid-19 di wilayah setempat.

“Kami tengah berkoordinasi dengan DPRD, karena anggaran itu diajukan mendahului APBD Perubahan,” katanya, Rabu (18/03/2020).

Busyro menjelaskan, anggaran tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. Selain itu, juga untuk pengawasan dan penanganan awal covid-19.

“Tim edukasi kami juga turun ke sekolah dan pondok pesantren, untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang covid-19,” terangnya.

Menurutnya, sebagai bentuk kesiapsiagaan, di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep telah disiapkan ruang isolasi khusus pasien suspect corona sejak 2 minggu lalu, untuk mengantisipasi apabila kasus tersebut ditemukan di Sumenep.

“Tapi Alhamdulillah, menurut laporan Ketua tim waspada covid-19, dr Andre Sp.P, sampai saat ini tidak ditemukan warga Sumenep yang terpapar virus corona. Mudah-mudahan saja ruangan isolasi itu tidak pernah digunakan,” ucap Bupati.

Bahkan tidak hanya di RSUD. Busyro juga meminta agar di tingkat Puskesmas pun juga ada tim khusus, sehingga mampu mengantisipasi penyebaran covid-19.

“Jadi kami memang ingin berupaya maksimal, supaya virus corona tidak menyebar disini,” pungkasnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar