Politik Pemerintahan

Bupati Pamekasan: Pendidikan Politik Penting Wujudkan Pemilu Berintegritas

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menilai pendidikan politik menjadi salah satu poin penting dalam mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia alias pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Hal itu disampaikan saat ia didapuk sebagai salah satu pemateri dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Dewan Koordinasi Wilayah Forum Silaturahmi Santri (DKW Forsis) Jawa Timur, di Surabaya, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Pemilu Berintegritas Hasilkan Kepala Daerah Bermartabat’, bupati muda yang akrab disapa Ra Badrut dipanel bersama pemateri lain, yakni Bawaslu Jawa Timur, Aang Khunaifi, KPU Jawa Timur, Chairul Anak serta perwakilan dari Peradi Jawa Timur, Chairun Abdullah. Mereka menyampaikan materi sesuai kapasitas masing-masing.

“Kedewasaan dan kejernihan berpikir semua elemen menjadi penyokong utama dalam menghasilkan pemilu berkualitas dan berintegritas. Karena itu, salah satu poin penting yang harus dilakukan adalah pendidikan politik,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Kegiatan yang akan digelar menyongsong pilkada serentak di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur. “Praktik politik yang sehat dan mendidik harus mulai dilakukan sejak dini, sehingga nantinya ada kemerdekaan bagi calon pemilih dalam menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ungkapnya.

“Politik yang sehat ini maksudnya menghargai perbedaan dalam menentukan pilihan, saling merangkul dan bukan saling memukul, seling menghargai dan bukan saling menghujat, saling menghormati dan bukan saling mengintimidasi. Hal itulah yang semestinya terpatri kuat bagi tiap individu masyatakat,” tegasnya.

Seperti diketahui, sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dijadwalkan melaksanakan pilkada serentak. Salah satunya akan digelar di Pulau Garam Madura, yakni di kabupaten Sumenep yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah alias pilkada. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar