Politik Pemerintahan

Bupati Malang: Satlinmas Harus Tingkatkan Kemampuan

Malang (beritajatim.com) – Peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) coba dimaksimalkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Anggota Satlinmas pun dibekali berbagai pemahaman untuk meningkatkan kemampuan.

Seperti hari ini, sebanyak 650 anggota Satlinmas mengikuti pelantikan di lapangan Penarukan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan bahwa, Satlinmas mempunyai peran vital dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman di wilayahnya.

“Terus tingkatkan kemampuan dan kapasitas sebagai anggota Satlinmas yang berdedikasi tinggi, memperkuat kerjasama dan sinergitas. Mengingat sebentar lagi memasuki tahun politik, dimana akan diselenggarakan Pilkada,” kata Sanusi, Selasa (10/12/2019) siang.

Sanusi menyebut, anggota Satlinmas perlu mengerti tentang pelayanan dasar. Pelayanan dasar tersebut meliputi pelayanan ketenteraman dan ketertiban umum, pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, pelayanan penyelamataan dan evakuasi korban bencana.

“Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal, semoga keberadaan Satlinmas ini nantinya dapat berjalan beriringan dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan menyukseskan seluruh agenda pembangunan,” terangnya.

Selanjutnya, Sanusi berpesan kepada anggota Satlinmas agar terus memperkuat koordinasi lintas sektoral, serta meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap berbagai perilaku masyarakat yang terkait dengan bahaya terorisme dan narkoba.

“Terus berlatih dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama anggota masyarakat, melalui kegiatan penanggulangan bencana atau mitigasi bencana, sehingga mampu meminimalisir kerugian maupun dampak bencana alam yang tidak dapat diprediksi, dan dapat terjadi kapanpun,” tandasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar