Politik Pemerintahan

Rencana Pantau Coblosan

Bupati Jombang: Gubernur Minta Dicarikan TPS Dekat Jalan Tol

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan bahwa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa rencananya memantau coblosan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilu legislatif 17 April di Jombang.

Bupati mengungkapkan bahwa dirinya sudah mendapatkan pemberitahuan terkait rencana tersebut dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) setempat. “Gubernur minta dicarikan TPS (Tempat Pemungutan Suara) dekat jalan tol,” ujar Mundjidah di hadapan wartawan, Senin (15/4/2019).

Mengapa minta lokasi dekat tol? Bupati menjelaskan, hal itu memudahkan gubernur melakukan pemantauan. Karena selain ke Jombang, orang nomor satu di Jawa Timur itu juga melakukan pemantauan coblosan di Mojokerto dan Sidoarjo.

“Makanya minta dicarikan TPS dekat jalan tol. Karena setelah dari Jombang, beliau melanjutkan pemantauan ke Mojokerta dan Sidoarjo. Kalau dekat jalan tol, aksesnya mudah,” ujar bupati yang juga Ketua PC Muslimat NU Jombang ini.

Terlepas dari itu semua, bupati meminta warga Jombang menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Dia berharap warga Jombang yang sudah memiliki hak suara tidak golput.

Alasannya, memberikan hak pilih dalam pemilu merupakan bentuk dari hubbul wathon minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman). Bupati menargetkan, tingkat partisipasi pemilih di Jombang mencapai 80 persen.

“Memilih pemimpun bangsa merupakan manifestasi dari hubbul wathon minal iman. Makanya jangan sampai golput. Mari datang ke TPS pada 17 April untuk mencoblos calon presiden dan wakilnya, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota,” pungkas Mundjidah. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar