Politik Pemerintahan

Bupati Ipong: Pasar Harus Jadi Denyut Nadi Kehidupan Rakyat

Ponorogo (beritajatim.com) – Bupati Ipong Muchlissoni memberangkatkan 120 orang dalam acara Pasar Rakyat Award, yang rencananya dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Dimana acara diselenggarakan di ICE BSD Tangerang pada Selasa (12/3/2019) mendatang. Sebanyak 120 orang merupakan perwakilan pedagang, pembina dan pengelola,dari 22 pasar daerah yang ada di bumi reyog ini.

‘’Mungkin kegiatan Pasar Rakyat Award ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada semua pihak yang memajukan pasar rakyat yang ada selama ini,’’ kata Bupati Ipong setelah acara pemberangkatan usai.

Menurutnya, sejak tahun 2016, pemerintah pusat sudah membangun sekitar 3 ribu pasar rakyat yang dibangun di seluruh Indonesia. Ipong menyebut di Ponorogo sedikitnya ada 6 pasar rakyat yang dibangun. Antara lain pasar rakyat Pulung, Bungkal, Sawoo, Sumoroto, Badegan dan pasar Pon.

Pasar rakyat ini dibangun dan dihidupkan salah satunya dalam rangka untuk menumbuhkan perekonomian nasional. Dimana itu sangat penting karena imbasnya langsung ke masyarakat sebagai pedagangnya.

‘’Harapan saya sih dapat penghargaan dalam Pasar Rakyat Award itu. Tapi kalaupun tidak, kita sudah berpartisipasi dengan datang ke sana,’’ katanya.

Pasar tradisional maupun pasar rakyat, menurut Ipong, harus menjadi denyut nadi kehidupan rakyat. Dia menceritakan mana kala Pasar Legi dulu terbakar, pihaknya banyak ditawari oleh investor untuk membangun ulang pasar tersebut. Akan tetapi Ipong menolak.

“Biarlah pemerintah yang kembali membangun,” katanya.

Keputusan tersebut terbukti benar. Pemerintah Pusat menyetujui untuk memberikan anggaran untuk pembangunan pasar legi tersebut. Bahkan anggarannya lebih besar dari yang direncanakan. Dan nantinya bisa menjadi pasar rakyat yang modern

‘’Kalau investor yang membangun pasti berorientasi pada keuntungan. Saya tidak pingin memberatkan pedagang yang mungkin harus membayar mahal untuk berdagang di pasar itu,’’ pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar