Politik Pemerintahan

Bupati Ipong Lantik 78 Kades Baru, Desa Pager Tidak Termasuk

Ponorogo (beritajatim.com) – Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kembali melantik kades terpilih dalam pilkades serentak yang dihelat 20 Mei 2019. Gelombang kedua ini ada 78 kades dilantik untuk masa jabatan enam tahun ke depan.

Prosesi pelantikan dilaksanakan di pendopo agung Pemkab Ponorogo, Rabu (19/6/2019) sore. “Pelantikan kali ini minus 3 desa. Yakni Desa Pager, Koripan dan Desa Bondrang,” kata Ipong seusai pelantikan.

Ipong menjelaskan, untuk Desa Koripan dan Bondrang karena kades terpilihnya meninggal. Sedangkan untuk Desa Pager, Kecamatan Bungkal, menyisakan persoalan yang sampai saat ini belum ada penyelesaiannya. “Sampai saat ini saya belum memberikan keputusan, melantik atau melakukan PSU (pemungutan suara ulang),” katanya.

Ipong mengungkapkan, pengusutan terhadap Pilkades Pager sudah diproses mulai dari tingkat desa, kecamatan, sampai panitia di tingkat kabupaten. Ketiganya kompak mengajukan rekomendasi kepada Ipong bahwa pilkades Pager sudah sah sesuai aturan.

Jadi walaupun kertas suara hilang, tidak membuat pemilihan itu tidak sah. “Tapi panitia menyerahkan hasil keputusan kepada saya sebagai bupati Ponorogo,” katanya.

Namun, kata Ipong, pihaknya mempertimbangkan banyak hal yang membuat dirinya belum mengeluarkan keputusan. Dia mengaku perlu untuk mendengar langsung keterangan dari sejumlah pihak terkait.

Apakah dari panitia, kedua calon, ataupun kepolisian. “Sebelum tenggat waktu 9 Juli nanti, saya janji sudah ada keputusan untuk Desa Pager,” tegas Ipong. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar