Politik Pemerintahan

Bupati Bojonegoro Celupkan Lima Jari ke Tinta

Bojonegoro (beritajatim.com) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memiliki cara yang berbeda dalam memberi tanda usai melakukan pencoblosan. Pencoblos biasanya hanya mencelupkan jari kelingking ke tinta yang sudah disediakan oleh panitia pencoblosan.

Namun, berbeda dengan bupati perempuan pertama di Bojonegoro ini. Dia menyelupkan lima jarinya secara bergantian di botol tinta sebagai tanda usai menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu serentak 2019.

“Masing-masing untuk pemilihan presiden, DPD, DPRD Kabupaten, DPR RI, DPRD Provinsi,” ungkap Bu Anna sambil mencelupkan jari ke botol tinta, lalu menunjukkan 5 ujung jarinya berwarna ungu, Rabu (17/4/2019).

Sementara diketahui Bupati Bojonegoro menggunakan hak pilihnya di TPS 04 Kelurahan Kepatihan, Jalan Dr. Soetomo. Anna didampingi suaminya, Ali Dupa. Tampak Bupati Bojonegoro sangat antausias dalam menyalurkan hak suaranya.

Setelah antri dan menyapa warga yang juga ikut menyalurkan hak suara Bu Anna, sapaan Bupati Bojonegoro, mendapatkan lima surat suara, sedangkan Ali mendapatkan satu surat suara. Mereka langsung menuju bilik pemilihan suara, untuk di coblos kemudian memasukkan surat suara ke kotak suara.

Dalam kesempatan itu Bupati bojonegoro menyampaikan sebagai warga negara Indonesia, menggunakan hak pilih merupakan bentuk partisipasi untuk menentukan arah negara lima tahun ke depan. “Gunakan hak pilih dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil atau Luber Jurdil,” tuturnya

Selanjutnya Bupati berharap partisipasi masyarakat meningkat dibandingkan dengan Pilkada 2018. Seperti diketahui, pada pilkada lalu angka partisipasi masyarakat 77,6 persen. Terbesar dan teresponsif se Indonesia. Di mana daerah lain hanya 70,65 persen dan bahkan ada 60 persen.

“Angka partisipasti Bojonegoro terbaik di Nasional. Harapannya di pemilu ini bisa lebih maksimal,” harap Bupati.

Di tempat yang lain yakni di TPS 01 Jalan Ade Irma Suryani Kelurahan Sumbang Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto beserta keluarga melakukan pencoblosan. Budi Irawanto berpesan agar bersama-sama menjaga kemanan dan ketertiban pesta demokrasi.

“Karena pemilu menentukan nasib bangsa kita kedepan. Gunakanlah hak suara anda dengan baik dan benar,” tegasnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar