Politik Pemerintahan

BPN Sidoarjo Bagikan 60 Ribu Sertifikat Tanah Program PTSL 2018

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sekitar 60 ribu sertifikat tanah milik warga Sidoarjo program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun 2018 lalu, dibagikan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo tahun ini.

Secara simbolis sertifikat tanah tersebut diserahkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah kepada para perwakilan warga di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jumat (25/1/2019).

Selain sertifikat tanah milik warga, juga diserahkan sertifikat aset milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo serta sertifikat aset tanah kas desa.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan sertifikat aset Kementerian Perhubungan R.I yang dipergunakan untuk rel kereta api serta sertifikat aset Kementerian PUPR R.I yang dipergunakan untuk jalan nasional.

Dalam penyerahan sertifikat tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin SH serta Kepala BPN Sidoarjo Humaidi.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan, dengan diterbitkannya sertifikat itu, meningkatkan status kepemilikan tanah yang kuat dimata hukum. “Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah dikemudian hari,” katanya.

Dia meminta masyarakat agar dapat menjaga dengan baik sertifikat tanahnya karena merupakan barang berharga. Sertifikat tanah dapat dimanfaatkan untuk pinjaman modal usaha.

Saiful llah berpesan, untuk tidak meminjamkan sertifikat tanahnya kepada orang lain. “Apabila itu terjadi, saya khawatir akan disalah gunakan oleh sang peminjam,” tambahnya.

Di kesempatan sama, Kepala BPN Sidoarjo Humaidi menyebutkan, ada 60 ribu bidang tanah milik warga Sidoarjo yang menjadi target program PTSL tahun 2018 lalu.

Target tersebut telah terlampaui dengan diterbitkannya sertifikat tanah yang diserahkan tahun ini. 60 ribu bidang tanah tersebut tersebar di 39 desa yang berada di 9 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

“Penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah penyerahan tahap pertama sertifikat PTSL tahun anggaran 2018. Ada 117 sertifikat tanah yang diserahkan pada tahap pertama kali ini. Sedangkan untuk penyerahan selanjutnya akan dilakukan dimasing-masing desa program PTSL,” tandas Humaidi.

Dalam kesempatan tersebut ia katakan BPN juga telah menerbitkan sertifikat aset milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebanyak 16 bidang.

Selain itu BPN juga menerbitkan sertifikat tanah kas desa aset Pemerintah Desa Singopadu, Desa Kajeksan, Desa Kemantren, Desa Grogol, Desa Grinting serta Desa Medalem yang semua berada di Kecamatan Tulangan.

Jumlahnya ada 186 sertifikat. 4 sertifikat tanah yang dipergunakan untuk rel kereta api juga diserahkan kepada Balai Teknik Perkereta Apian Jawa Timur dalam kesempatan kali ini.

“BPN juga menerbitkan sertifikat tanah yang dipergunakan untuk jalan nasional sebanyak 3 bidang yang diserahkan kepada Balai Besar Jalan Nasional 8 Surabaya,” rinci Humaidi menutup. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar