Politik Pemerintahan

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan JKM Bagi Ahli Waris Anggota DPRD Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan santunan jaminan kematian sebesar Rp 24 juta kepada ahli waris anggota DPRD Pamekasan, (Alm) Sri Rahayu Ningsih yang meninggal akibat sakit yang dideritanya.

Pemberian program JKM tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Guguk Heru Triyoko kepada Ketua DPRD Pamekasan, Halili di Gedung Wakil Rakyat di Jl Kabupaten 107 Pamekasan, Kamis (31/1/2019).

“Jaminan kecelakaan kerja melindungi apabila terjadi resiko kecelakaan kerja, dan jaminan kematian untuk melindungi ketika terjadi resiko meninggal dunia,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Guguk Heru Triyoko.

Santunan tersebut juga berlaku untuk seluruh legislator di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, sebab sebanyak 45 wakil rakyat seluruhnya tercatat sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan sejak Maret 2018 silam. “Oleh karena itu, ahli waris ibu Sri Rahayu Ningsih (alm) berhak atas santunan Jaminan Kematian,” ungkapnya.

Selain itu, keberadaan instansi yang dipimpinnya untuk melindungi seluruh pekerja terhadap resiko kecelakaan kerja, hari tua, dan kematian. “Meninggal dunia akibat sakit tetap mendapat santunan sebesar Rp 24 juta, bila meninggal akibat kecelakaan kerja jumkah santunan lebih, yakni 48 kali upah terdaftar,” jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Pamekasan, Halili menyampaikan pihaknya berencana mendaftarkan seluruh tenaga Non-K2 di lingkungan instansi yang dipimpinnya ke BPJS ketenagakerjaan. “Sementara untuk anggota DPRD terpilih (hasil pileg 2019), nantinya akan langsung kami daftarkan dalam tiga program sekaligus. Jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua,” pungkasnya.

Almarhumah Sri Rahayu Ningsih merupakan anggota DPRD Pamekasan, dari Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB). Legislator yang juga istri dari Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Suli Faris meninggal dunia pada 4 Desember 2018 akibat sakit yang dideritanya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar