Politik Pemerintahan

Blanko e-KTP dan KK Kembali Kosong di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Persediaan Blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Pamekasan, kembali kosong dan hanya disiapkan Surat Keterangan alias Suket bagi seluruh pemohon.

“Sebenarnya kekosongan blanko e-KTP saat ini tidak hanya hanya terjadi di Pamekasan, tetapi hampir di seluruh Indonesia juga merasakan hal yang sama (blanko e-KTP kosong),” kata Plt Dispenduk Capil Pamekasan, Mohammad Alwi, Senin (16/9/2019).

Bahkan pihaknya juga belum bisa memastikan blanko e-KTP kembali tersedia. Sebab ketersediaan blanko menjadi wewenang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. “Kami belum tahu sampai kapan, mudah-mudahan pekan depan ada. Karena sekarang pengambilan blanko harus diambil sendiri ke Kemendagri,” ungkapnya.

Tidak hanya blanko e-KTP, kekosongan blanko juga terjadi untuk keperluan Kartu Keluarga (KK) yang saat ini masih dalam tahap pelelangan. “Untuk blanko KK dijadwalkan baru tersedia pada Oktober 2019 mendatang, saat ini masih proses lelang,” jelasnya.

“Bagi masyarakat yang saat ini masih memiliki e-KTP dan berakhir 2016, masih tetap berlaku sesuai keputusan Kemendagri. Sekalipun saat ini banyak masyarakat yang kembali mengajukan untuk proses e-KTP baru,” tegas mantan Plt Sekda Pamekasan.

Sebelumnya Kepala Dispenduk Capil, Herman Kusnadi yang saat ini sudah purna tugas sempat menyampaikan bahwa pembatasan blanko e-KTP menjadi salah satu faktor penghambat utama tersendatnya sektor pelayanan permohonan e-KTP di Bumi Gerbang Salam.

Bahkan petugas yang berkantor di Kantor Pemda Jl Jokotole, juga semakin kewalahan melayani banyaknya permohonan penerbitan E-KTP. Apalagi stok blanko yang mereka terima sangat terbatas dan tidak seimbang dengan jumlah pemohon. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar