Politik Pemerintahan

Blangko e-KTP Dispendukcapil Sampang Kosong

Sampang (beritajatim.com) – Blangko Kartu Tanda Penduduk Eletronik atau e-KTP di Kabupaten Sampang, tidak tersedia alias kosong. Sehingga, ribuan warga pemohon hanya mendapatkan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK dan PD) Dispendukcapil setempat, Edi Subinto menyampaikan, kekosongan blangko e-KTP terjadi semenjak Desember 2018. “Kami menunggu informasi lebih lanjut proses pengadaan blangko dari pusat,” katanya, Rabu (16/1/2019).

Ketika masyarakat membutuhkan identitas untuk kepentingan sesuatu, Edi menegaskan pihaknya akan memberikan surat keterangan penggati KTP. “Jika dokumen sudah tersedia, masyarakat tinggal menukar surat keterangan tersebut dengan blangko e-KTP yang baru,” lanjut Edi.

Berdasarkan data masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan siap dicetak sejak  Desember 2018, Dispendukcapil membutuhkan kurang lebih 25 ribu lembar blangko.

“Tapi data itu cukup dinamis. Karena, kami selalu ada kegiatan perekaman yang berkisar 400-500 orang setiap hari. tidak tersedianya blangko KTP sampai 2019 merupakan kewenangan pemerintah pusat,” pungkasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar