Politik Pemerintahan

Bisa Tunjukan Amdal, Segel PT Garam Dibuka

Sampang (beritajatim.com) – Setelah sempat dilakukan penyegelan atau pemberhentian aktifitas sementara oleh Satpol PP lantaran tidak mengantongi dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Gudang PT Garam (Persero) yang berlokasi Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, kembali beroperasi. Segel sudah dibuka petugas Satpol PP.

Kabid Penegakan Perda dan Ketertiban Umum Satpol PP Sampang Choirijah mengatakan, Senin (17/6/2019) kemarin, pihaknya mengundang pengelola PT. Garam dan OPD terkait, meliputi perizinan, DLH, DPRKP dalam rangka melakukan kroscek terhadap dokumen izin yang dimiliki. Karena beberapa waktu yang lalu, izin yang ditunjukkan oleh PT. Garam hanya Amdal pelabuhan, sedangkan IBM, tataruang dan Amdal gudang belum ditunjukan.

“PT Garam sudah menunjukkan semua dokumen izin yang dimiliki, maka kami harus membuka segel dan aktitas perusahaan kembali normal,” kata Choirijah, Kamis (20/6/2019).

Lanjut Choirijah, PT Garam ternyata sudah memiliki IMB sejak tahun 1995, Namun masih dipegang oleh DPRK setempat, sementara untuk izin tataruang yang terbaru yang dikeluarkan oleh Bappelitbangda diterbitkan tahun 2017. “Lantaran kemarin-kemarinnya, tidak dapat menunjukkan semua izin, sehingga langkah sesuai prosedur yang diambil oleh Pol PP melakukan penyegelan sementara,” ujarnya.

Sekadar diketahui, penyegelan PT Garam oleh Satpol PP itu meliputi gedung penimbunan dan pelabuhan, tambahan bangunan gudang bahan baku seluas 12 ribu meter persegi, gudang transit 2 meter persegi dan gedung perkantoran.

Sementara itu, Humas PT Garam Persero Fathorrohman mengatakan, saat ini yang terpenting aktifitas perusahaan garam di Camplong itu sudah bisa kembali normal. Maka dalam waktu dekat, pihaknya akan mengikuti saran dari pemerintah daerah, yakni memperbaruhi izin yang diperlukan. “Bagi kami, yang terpenting sudah bisa beraktifitas, semua saran dari Pemkab untuk memperbaharui Amdal ini dalam waktu dekat pasti ditindaklanjuti,” pungkasnya. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar