Politik Pemerintahan

Besok Pemilu, Fandi Utomo: Semoga Terpilih Pemimpin Amanah

Fandi Utomo Caleg DPR-RI dari PKB

Surabaya (beritajatim.com) – Masyarakat Indonesia akan memilih Presiden hingga Wakil Rakyat melalui gelaran Pemilu Serentak pada Hari Rabu (17/4/2019). Terkait hal itu, Fandi Utomo mengucapkan selamat memilih kepada semua pihak.

“Selamat memilih (mencoblos), semoga terpilih pemimpin yang baik dan para wakil rakyat yang amanah,” kata Fandi Utomo, Selasa (16/4/2019).

Pada kesempatan ini, mantan dosen ITS Surabaya itu juga mengungkapkan tiga hal penting terkait Pemilu 2019. “Pertama suara dari masyarakat ini sangat penting untuk menentukan masa depan bangsa. Jadi memilih itu sangat penting,” katanya.

“Kedua, memilihlah dengan rasional. Jangan lagi berlandaskan emosional, apalagi politik uang. Ketiga, memilih itu adalah ekspresi dari kepentingan. Pilihlah yang mewakili dan siap menyalurkan aspirasi dari kepentingan kita semua,” tegas Fandi Utomo.

Sebagai informasi, di Pemilu 2019 sistem penghitungan kursi di Parlemen menjadi sedikit berbeda. Perbedaan pertama adalah Parliamentary Threshold yang sebelumnya hanya 3.5 persen menjadi 4 persen.

Selanjutnya, kini sistem penghitungan kursi Parlemen menggunakan Sainte Lague Murni dengan pembagian bilangan ganjil 1, 3, 5, 7 dan seterusnya. Jika partai sudah dapatkan kursi pertama, untuk pembagian berikutnya partai tersebut akan dibagi 3.

Dalam proses Pemilu 2019 nantinya akan ada lima surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan. Lima surat suara itu yakni kota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD serta terakhir adalah kotak suara Presiden dan Wakil Presiden.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar