Politik Pemerintahan

Besok, KPU Pamekasan Gelar Penetapan Hasil Pileg 2019

Pamekasan (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, bakal mengumumkan perolehan kursi sekaligus penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pamekasan, periode 2019-2024, Sabtu (10/8/2019).

Penetapan hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 tersebut, dijadwalkan digelar melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Pamekasan, di Auditorium Gedung PKP-RI Jl Kemuning, Pamekasan.

Penetepan itu dilakukan setelah adanya kepastian hukum hasil sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019 yang melibatkan KPU Pamekasan di Mahkamah Konstitusi (MK), sekalipun sebelumnya sempat dijadwalkan digelar pada pekan pertama Juli 2019.

“Pasca adanya hasil keputusan dari MK terkait sengketa PHPU, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Pamekasan akan dilaksanakan besok (Sabtu) di PKPN (sebutan lain PKP-RI),” kata Ketua KPU Pamekasan, Halili, Jumat (9/8/2019).

Seperti diketahui, sebelumnya KPU Pamekasan disibukkan dengan gugatan sengketa PHPU yang dilayangkan empat partai politik (parpol) berbeda seputar hasil pileg 2019. Masing-masing dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem dan PPP.

Namun dari empat gugatan tersebut, tercatat hanya Partai Gerindra yang masuk daftar sengketa di MK. Hanya saja gugatan yang berkenaan dengan hasil pileg tingkat pusat tersebut, akhirnya tidak dikabulkan MK. Sehingga KPU pun secara resmi mengumumkan untuk menggelar Pleno terbuka. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar