Politik Pemerintahan

Beredar Surat Kaleng Soroti Kinerja Kasun di Ponorogo

Jemain, Camat Bungkal Kabupaten Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Belakangan ini Ponorogo digemparkan oleh beredarnya surat kaleng yang isinya tentang kekecewaan warga terhadap kinerja salah satu kepala dusun (kasun) di Desa Kunti, Bungkal, Ponorogo.

Selain ditujukan kepada Camat Bungkal, Kepala Desa Kunti dan Ketua BPD Desa Kunti, surat kaleng tersebut juga beredar di grup-grup whatsApp. Padahal surat tersebut tidak jelas asalnya. Dimungkinkan surat itu dibuat untuk kepentingan politik atau kelompok tertentu.

Meski demikian, meluasnya surat kaleng ini menjadi warning kepada perangkat desa untuk sepenuh hati dalam melayani warganya. Agar hal-hal ini tidak terulang lagi kedepan. Camat Bungkal Jemain mencoba menelusuri kebenaran isi dari surat kaleng tersebut. Camat juga memanggil Kepala Desa Kunti untuk mengklarifikasinya. “Kami mencoba tabayun dengan meminta keterangan dari Kepala Desa Kunti,” kata Jemain, Selasa (12/2/2019).

Dari keterangan kepala desa itu, ditemukan fakta di lapangan bahwa yang disampaikan dalam surat kaleng tersebut benar adanya. Kasun yang bersangkutan memang sudah beberapa bulan ini tidak masuk kerja. Kendati demikian pihaknya tidak bisa langsung memberikan sanksi pemecatan. “Harus dipanggil dulu yang bersangkutan. Untuk mengetahui alasannya selama ini mangkir dari kerjanya,” kata Camat.

Berdasarkan keterangan sementara, pihaknya telah menerima laporan penyebab menurunnya kinerja kasun itu. Yaitu salah satu dari dua anaknya mengalami kecelakaan hingga meninggal. Dimungkinkan sejak itulah kasun tersebut mengalami depresi. “Untuk lebih jelasnya akan kami dengar dari yang bersangkutan langsung,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar