Politik Pemerintahan

Belum Ada Tim Sukses Ajukan Agenda Kampanye Terbuka di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Memasuki tahapan kampanye terbuka atau rapat umum dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 belum ada agenda kampanye terbuka yang akan berlangsung di Kabupaten Tuban, (25/3/2019).

Sampai dengan hari pertama tahapan kampanye terbuka sejak kemarin 24 Maret kemarin, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban belum mendapatkan surat tembusan ijin kampanye. Baik untuk pelaksanaan kampanye Pilpres maupun kampanye dari partai politik dan juga Calon Legislatif (Caleg).

“Sesuai dengan peraturan KPU hari ini sudah dimulai kampanye rapat umum. Sampai dengan saat ini belum ada yang memberitahukan surat tembusan kepada kami,” terang Yayuk Dwi Agus S, selaku Komisioner KPU Tuban.

Yayuk menjelaskan, bahwa setiap tim yang akan melaksanan kegiatan kampanye terbuka harus memberikan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian. Yang mana surat tersebut harus mencantumkan tembusan kepada KPUD dan juga Bawaslu. “Pelaksanaan kampanye terbuka sendiri akan berlangsung sampai dengan tanggal 13 April nanti,” tambahnya.

Pihak KPU Tuban juga telah melakukan rapat koordinasi untuk menentukan lokasi tempat-tempat yang diperbolehkan untuk menjadi tempat kampanye terbuka itu. Yang mana penentuan tempat itu sendiri sudah diberitahukan kepada masing-masing tim sukses maupun Partai Politik.

“Penetuan lokasi kita sudah melakukan rapat koordinasi dan hasilnya sudah kita serahkan kepada peserta pemilu. Terkait dengan pelaksanaan kampanye terbuka mereka harus membuat surat pemberitahuan kepada Polisi dan tembusan kepada KPU dan Bawaslu,” papar Yayuk.

Sementara itu, untuk jadwal pelaksanaan kegiatan kampanye terbuka itu sendiri mengikuti sesuai dengan jadwal yang telat ditetapkan oleh KPU Pusat. Sehingga untuk pelaksanaan kampanye terbuka di Kabupaten Tuban masih menunggu pemberitahuan dari masing-masing tim sukses maupun parpol.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar