Politik Pemerintahan

Bekerja ke Luar Negeri Banyak Diminati Warga Ponorogo

Kantor Pos Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) masih menjadi pekerjaan yang menggiurkan oleh masyarakat Ponorogo. Itu terbukti dari data yang dirilis oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ponorogo bahwa dalam tiga tahun terakhir jumlah PMI asal bumi reyog mengalami peningkatan.

”Data kami ditahun 2019 sampai bulan April ada 1.285 warga Ponorogo yang berangkat ke luar negeri sebagai pekerja,” kata Kepala Disnaker Ponorogo Bedianto, Minggu (9/6/2019).

Sedangkan ditahun 2017, kata Ibed sapaan akrab Bedianto tercatat ada 4.841 PMI. Untuk tahun 2018 meningkat menjadi 5602 warga yang berangkat bekerja ke beberapa negara.

”Negara tujuan mereka seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, hingga Arab Saudi,” katanya.

Mereka yang tercatat di Disnaker Ponorogo kata Ibed tentu diberangkatkan secara legal dan sah. Sesuai dengan peraturan yang berlaku serta melalui mekanisme dan tahapan seleksi.

”Faktor ekonomi dan terbatasnya lapangan kerja di dalam negeri menjadi alasan utama mereka nekat bekerja ke luar negeri,” katanya.

Masih kata Ibed, kini pihaknya gencar melakukan ketrampilan kepada PMI yang akan berangkat maupun bagi mereka yang sudah kembali ke tanah air. Harapannya sekembalinya kesini mereka bisa membuka lapangan kerja. Jadi tidak kembali lagi bekerja ke luar negeri.

”Jadi ke luar negeri itu untuk cari modal untuk membangun usaha di Indonesia,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar