Politik Pemerintahan

Begini Suasana Pilkades Serentak di Donomulyo Malang

Malang (beritajatim.com) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III 2019 se Kabupaten Malang digelar Minggu (30/6/2019). Di Kecamatan Donomulyo salah satunya, terdapat 9 desa yang menggelar Pilkades serentak. Dalam pembukaan Pilkades serentak hari ini, hadir Camat Donomulyo, Mahendra S.ip. Kapolsek Donomulyo , AKP Gianto. Danramil Donomulyo, Kapt Inf Suwarno dan sejumlah pejabat Kades.

Kapolsek Donomulyo AKP Gianto menjelaskan, kegiatan pembukaan Pilkades di desa Purworejo, pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan pembukaan Pilkades di 9 desa se wilayah Kecamatan Donomulyo.

“Masyarakat, Calon Kades dan pendukungnya harus tetap menjaga keamanan, ketertiban dan damai. Sehingga Pilkades bisa berjalan aman dan lancar,” tegasnya.

Ke 9 desa di Kecamatan Donomulyo yang menggelar Pilkades serentak yakni Desa Purworejo, Desa Donomulyo, Desa Sumberoto, Desa Purwodadi, Desa Tempursari, Desa Tlogosari, Desa Tulungrejo, Desa Banjarejo dan Desa Kedungsalam.

“Selama kegiatan sejauh ini berjalan dengan aman tertib dan kondusif,” kata Gianto.

Masih kata Gianto, personil Polsek Donomulyo dan BKO Polres Pasuruan yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa serentak 2019 sudah berada di TPS masing-masing menurut ploting dan Sprint yang dibuat Polres Malang untuk melaksanakan pengamanan di TPS dibantu oleh anggota Koramil Donomulyo dan Linmas.

“Untuk pola pengamanan yaitu setiap Desa yang melaksanakan Pilkades Di perkuat 7 personil. Terdiri 6 BKO Polres Pasuruan dan 1 orang dari Polsek Donomulyo, serta masih di perkuat dari Linmas Desa masing masing,” bebernya.

AKP Gianto menambahkan, malam hari sebelum pencoblosan, Polsek Donomulyo beserta Muspika dan Padal pelaksanaan Pilkades melakukan pengawasan terhadap anggota yang melaksanakan pengamanan di TPS-TPS.

Selain untuk mengecek keberadaan dan kesiapan anggota dalam pengamanan, juga untuk memastikan keamanan logistik Pilkades serentak yang telah didistribusikan kepada masing masing TPS.

“Dalam pelaksanaannya hingga giat pencoblosan dan rapat pleno di desa selesai situasi wilayah Hukum Polsek Donomulyo pada umumnya aman tertib, lancar dan terkendali,” AKP Gianto mengakhiri. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar