Politik Pemerintahan

Baznas Pamekasan Salurkan 5 Ribu Paket Sembako

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pamekasan, menyalurkan 5 ribu paket sembako untuk anak yatim dan warga tidak mampu di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Jumlah paket sembako tersebut merupakan hasil pengumpulan dari jajaran pengurus Baznas Pamekasan, dari para Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan. Khususnya dalam setahun terakhir.

Paket sembako tersebut diserahkan secara simbolis dan bertahap oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam kepada para anak yatim dan warga tidak mampu dalam program Safari Ramadan 1440 Hijriyah, yang digelar sejak beberapa hari terakhir.

“Penerima bantuan paket sembako ini adalah anak yatim dan warga tidak mampu yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan,” kata Humas Baznas Pamekasan, Aziz Azhari, Sabtu (25/5/2019).

Bantuan paket sembako tersebut merupakan jenis infak dan sedekah para ASN di lingkungan Pemkab Pamekasan, yang dikumpulkan dalam waktu setahun terakhir. “Tahun ini Baznas Pamekasan mengumpulkan dana sebesar Rp 500 juta,” ungkapnya.

Selain berupa bantuan paket sembako, hasil pengumpulan dana Baznas Pamekasan juga diserahkan kepada warga yang berhak dalam bentuk zakat produktif. Salah satunya seperti usaha peternakan. “Zakat produktif ini dimaksudkan, agar penerima zakat bisa mengembangkan zakat yang ia terima,” jelasnya.

“Sehingga pada tahun-tahun berikutnya, si penerima zakat ini bisa memberi zakat kepada orang lain, bukan justru menerima zakat lagi,” sambung pria yang juga berstatus sebagai dosen ekonomi Islam di Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan.

Seperti diketahui, Pemkab Pamekasan menggelar program Safari Ramadan di seluruh pendopo kecamatan di Pamekasan. Dalam kegiatan tersebut juga digelar santunan bagi anak yatim, sekaligus serap aspirasi antara pemerintah bersama masyarakat. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar