Politik Pemerintahan

Bawaslu Tak Berkutik Tertipkan APK Langar PKPU

Sampang (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membiarkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) salah satu pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI terpasang di pohon, sepanjang Jalan Raya Nasional, sekitar area Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.

Padahal, pemasangan APK ini jelas menyalahi PKPU no 23 tahun 2018 pasal 32 ayat 2, karena APK dipaku ke batang pohon di pingir Jalan Raya.

Saat dikonfirmasi Yunus Aligafi, Divisi Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang mengatakan. Pihaknya belum mengetahui adanya pemasangan APK tersebut.

“Kami baru tahu dan mungkin baru di pasang,” terang Yunus, Selasa (26/2/2019).

Lebih lanjut Yunus Aligafi mengatakan, meskipun itu melanggar. Namun pihaknya tidak bisa serta merta langsung menindak, karena menurutnya ada mekanisme yang harus dilakukan.

“Harus mengikuti mekanisme tidak langsung menurunkan begitu saja, kita akan memberikan surat teguran terlebih dahulu kepada masing-masing partai, jika surat teguran tersebut tidak di indahkan dalam kurun waktu 1×24 jam, maka akan segera diturunkan,” pungkasnya.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar