Politik Pemerintahan

Bawaslu Rekomendasikan PSU di TPS 3 Masalembu

Sumenep (beritajatim.com) – Bawaslu Kabupaten Sumenep merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Desa Masalima, Kecamatan/ Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep.

“Kami merekomendasikan PSU di satu TPS itu, karena terbukti ada surat suara yang tercoblos sebelum surat suara itu digunakan,” kata Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris, Sabtu (20/04/2019).

Pada Rabu (17/04/2019), Panwascam Masalembu menemukan dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Di TPS 3 Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, ratusan lembar surat suara ditemukan sudah tercoblos sebelum surat suara itu digunakan oleh pemilih.

Rinciannya, 69 surat suara untuk caleg DPRD Kabupaten yang sudah tercoblos. Kemudian surat suara DPRD Provinsi sebanyak 68 yang sudah tercoblos, untuk DPR RI sebanyak 59 surat suara yang sudah tercoblos, dan 70 surat suara untuk Calon Presiden/ Wakil Presiden, juga sudah tercoblos.

“Yang melakukan poncoblosan surat suara sebelum digunakan pemilih itu diduga KPPS. Setelah temuan itu, KPPS diamankan di Mapolsek Masalembu,” ujar Noris

Terungkapnya dugaan kecurangan tersebut berawal ketika ada warga yang akan mencoblos menggunakan KTP karena tidak terdaftar di DPT. Pemilih tersebut terkesan dipersulit oleh KPPS. Padahal saat itu sudah jam 12.30, yang merupakan waktu bagi pemilih DPK (daftar pemilih khusus) untuk memberikan hak suaranya.

Setelah didesak Panwascam, akhirnya pemilih itu diijinkan mencoblos. Namun ternyata surat suara yang diberikan pada pemilih itu sudah tercoblos. Padahal dia belum melakukan pencoblosan. Setelah Panwascam melakukan pengecekan untuk surat suara lainnya yang belum digunakan pemilih, ternyata semuanya sudah dalam kondisi tercoblos. Proses pemungutan suara di TPS 3 itupun langsung dihentikan oleh Panwascam.

“Rekomendasi Bawaslu agar di TPS 3 Masalima itu dilakukan PSU sudah kami sampaikan ke KPU. Selanjutnya diserahkan pada KPU untuk pelaksanaannya. Tetapi sesuai aturan, PSU maksimal digelar H+10,” papar Noris. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar