Politik Pemerintahan

Bawaslu Rekom 3 TPS di Sampang Gelar Pemungutan Ulang

Sampang (beritajatim.com) – Indikasi banyaknya pelanggaran Pemilu baik Pilres maupun Pileg di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, membuat Bawaslu setempat mengeluarkan rekomendasi untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah TPS.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sampang, Yunus Ali Ghafi mengatakan, setelah mendapat laporan dari petugas pengawas di bawah, pihaknya menemukan tiga dugaan pelanggaran pemilu yang tersebar di dua Kecamatan, di antaranya di Kecamatan Banyuates dan Camplong.

Menurutnya, pelanggaran dimaksud terjadi di TPS 3 Desa Trapang Kecamatan Banyuates, sedangkan di Kecamatan Camplong terjadi di TPS 6 Desa Madupat serta di TPS 9 Desa Rabasan.

“Sekarang dikaji dan hari ini kami akan keluarkan rekomendasi ke KPU untuk digelar PSU di TPS yang ada indikasi pelanggarannya tersebut,” terangnya, Jumat (19/4/2019).

Lanjut Yunus, indikasi pelanggarannya berbeda-beda. Di TPS 3 Desa Trapang terindikasi pelanggarannya hanya pada surat suara Caleg DPR Kabupaten. Kemudian di TPS 6 Desa Madupat terindikasi pelanggaran hanya pada surat suara Pilpres saja, sedangkan di TPS 9 Desa Rabasan terindikasi pada semua atau lima surat suara.

“Rekomendasi PSU dilakukan hanya pada indikasi yang terjadi kecurangan,” tegasnya.

Yunus menambahkan, indikasi pelanggaran yang terjadi di TPS 3 Desa Trapang yaitu berupa 90 surat suara caleg DPRD Kabupaten tercoblos sebelum pemungutan dimulai sehingga untuk pemungutan surat suara khusus caleg DPRD Kabupaten ditangguhkan.

Kemudian di TPS 6 Desa Madupat terjadi karena surat suara Pilpres tercoblos berulangkali oleh oknum sebagaimana tersebarnya video yang sudah viral di medsos. Sedangkan di TPS 8 Desa Rabasan karena pemilih melakukan pencoblosan lebih dari satu surat suara.

“Sementara masih tiga TPS itu, kalau informasi awal yang masuk itu banyak, tapi laporannya belum ada. Sehingga kamipun tidak bisa berandai-andai, harus ada syarat formil dan meterilnya,” tandasnya.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar