Politik Pemerintahan

Bawaslu Ponorogo Sikat APK di Fasum

Ponorogo (beritajatim.com) – Bawaslu Ponorogo bekerjasama dengan satpol PP menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang menyalahi aturan di sejumlah kecamatan di Ponorogo pada Jumat (8/2/2019). Khususnya pemasangan APK oleh peserta pileg, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat.

‘’Dalam penertiban kali ini total ada 47 APK dari beberapa kecamatan yang berhasil ditertibkan,’’ kata Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Ponorogo Marji Nur Cahyo.

Marji mengungkapkan berbagai APK itu melanggar dua instrumen hukum. Selain PKPU 23/2018 tentang Kampanye yang telah direvisi. Juga aturan main dalam peraturan daerah (perda) terkait pemasangan reklame. Marji menyebut banyak APK dipasang salah kaprah di berbagai fasilitas umum. Seperti tiang jaringan telepon maupun listrik. Atau bahkan dipaku di batang pohon.

‘’Untuk di area sekolah atau tempat ibadah nihil temuan. Area tersebut memang harus steril selain area perkantoran pemerintahan,’’ katanya.

Penertiban serentak yang dilakukan Bawaslu Ponorogo dengan satpol PP secara berkala tersebut dinilai efektif untuk menurunkan jumlah pelanggaran. Banyak peserta caleg yang kemudian memperbaiki pemasangan APK mereka. Itu terlihat di kecamatan Babadan yang dalam penertiban kali ini nihil pelanggaran. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar