Politik Pemerintahan

Bawaslu Ponorogo Amankan Rp 66 Juta Dugaan Politik Uang

Ponorogo (beritajatim.com) – Dimasa tenang ini, Bawaslu Ponorogo kembali mengamankan barang bukti dari dugaan money politik. Yakni berupa uang yang nilainya mencapai Rp. 66.160.000,- yang disita di salah satu rumah di kecamatan Jambon.

“Awalnya tadi malam saat kami melakukan patroli pengawasan, ada laporan bahwa akan ada aksi bagi-bagi uang. Kami langsung ke lokasi,” kata Kordinator Divisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Ponorogo Marji, Selasa (16/4/2019).

Ternyata benar, lanjut Marji, sampai lokasi mendapati 15 orang sebagai kordinator untuk membagikan uang tersebut. Selain mengamankan uang, pihaknya juga mengamankan contoh surat suara pemilih dan stiker yang menujukkan caleg yang akan dipilih.

Dari hasil interogasi, sedianya uang Rp. 66 juta akan dibagikan oleh 15 orang itu kepada 1500 pemilih di dapil 5 yakni Kecamatan Jambon, Badegan, dan Balong. “Seperti laporan dari Jenangan kemarin, setiap pemilih rencananya akan dikasih uang sebesar Rp. 70 ribu,” katanya.

Saat ditanya langkah selanjutnya, Marji menyebut bahwa Bawaslu Ponorogo akan mengadakan kajian dan rapat. Kemudian dilakukan pembahasan tingkat Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu). [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar