Politik Pemerintahan

Bawaslu Pastikan Belum Ada Potensi PSU di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, menyatakan belum ditemukan adanya potensi pemungutan suara ulang alias PSU untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Hal itu disampaikan menyusul beredarnya informasi seputar adanya PSU akibat pelanggaran pemilu di Pamekasan yang digelar serentak, Rabu (17/4/2019) lalu. “Hingga detik ini, kami belum menerima informasi (dari Jawa Timur) tentang itu,” kata Komisioner Bawaslu Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus, Jumat (19/4/2019).

“Namun berdasar pengawasan yang kami lakukan sejak pelaksanaan pemilu, belum ada laporan ke kami seputar adanya pelanggaran selama proses pencoblosan. Bahkan pesta demokrasi di Pamekasan, juga berlangsung aman dan lancar,” ungkapnya.

Disinggung soal potensi PSU di Pamekasan, pihaknya meluruskan persoalan tersebut mengacu pada regulasi dan perundang-undangan yang berlaku. “Persoalan pemilu itu semuanya diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, termasuk tentang PSU,” tegasnya.

“Dalam undang-undang tersebut, setidaknya terdapat dua poin penting yang mengharuskan digelar Pemungutan Suara Ulang. Meliputi terjadinya bencana alam dan atau kerusuhan yang mengakibatkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan atau penghitungan suara tidak dapat dilakukan,” jelasnya.

Poin lainnya berupa pemungutan suara di TPS wajib diulang berdasar hasil penelitian dan pemeriksaan pengawas TPS terbukti terdapat beberapa pelanggaran. “Di antaranya pembukaan kotak suara dan atau berkas pemungutan suara dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

“Selain itu juga jika terdapat petugas KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus pada surat suara yang digunakan, petugas KPPS merusak lebih dari satu surat suara yang sudah digunakan pemilih hingga pemilih tidak memiliki KTP dan atau tidak terdaftar sebagai pemilih,” pungkas pria yang akrab disapa Sukma.

Berdasar informasi yang dihimpun beritajatim.com, sejumlah TPS di Madura berpotensi digelar PSU untuk pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan. Namun belum diketahui secara pasti apakah proses serupa juga akan terjadi di Pamekasan.

Terlebih pada proses pemilu serentak di Pamekasan, pelaksanaan pemilu berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Sekalipun terdapat sejumlah hambatan berupa adanya surat suara tertukar di beberapa TPS. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar