Politik Pemerintahan

Bawaslu Pamekasan Tertibkan 41 APK Langgar Aturan

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, menertibkan sebanyak 41 Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 yang tersebar di berbagai titik di area perkotaan Bumi Gerbang Salam, Rabu (23/1/2019).

Penertiban yang melibatkan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pamekasan, dilakukan karena APK tersebut melanggar aturan seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, serta Peraturan KPU Nomor 23, 28 dan 33 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu.

“Pada proses penertiban kali ini, kami menertibkan sebanyak 41 APK yang berada di zona terlarang atau melanggar regulasi dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Komisioner Bawaslu Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus.

Pelanggaran pemasangan APK tersebut karena beberapa hal, seperti terpajang di area jalan protokol dengan cara dipaku ke pohon, pakai tali ke tiang listrik, tempat ibadah, lokasi pendidikan hingga kantor pemerintahan. “Seharusnya memasang APK merujuk pada aturan,” ungkapnya.

“Selama masa kampanye, kami sudah beberapa kali melakukan penertiban APK yang terpajang di zona terlarang. Karena jelas-jelas sudah melanggar, makanya kami tertibkan sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Dari itu pihaknya mengimbau kepada seluruh calon maupun tim sukses, baik calon legislatif (caleg) maupun tim sukses calon presiden dan wakil presiden agar selalu mematuhi aturan. “Kami mengajak semua pihak agar sama-sama taat aturan dan tidak lagi menempatkan APK di area terlarang,” imbaunya.

“Sesuai jadwal, kedepan kami akan terus melakukan penertiban APK secara berkala. Kami bersama petugas Satpol-PP Pamekasan, akan melakukan penertiban satu kali dalam setiap dua pekan, tepatnya setiap hari Rabu,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar