Politik Pemerintahan

Bawaslu Pamekasan Ajak Wartawan Awasi Pemilu

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Badan Pangawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, Abdullah Saidi mengajak para insan pers agar bersama-sama terlibat mengawasi jalannya pelaksanaan pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Koordinasi sekaligus penanda tanganan nota kesepakatan pengawasan pemilu bersama jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, di BalaiRedjo Jl Niaga, Pamekasan, Sabtu (16/2/2019).

“Dalam pelaksanaan pemilu ini, kami tidak mungkin melakukan berbagai agenda yang sudah dicanangkan dengan hanya mengandalkan jajaran kami. Tentunya juga dibutuhkan bantuan pengawasan dari semua pihak, termasuk rekan-rekan wartawan,” kata Abdullah Saidi.

Melalui kesepakatan yang diwujudkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), pihaknya berharap pengawasan yang dilakukannya bisa berjalan maksimal sekaligus merealisasikan pelaksanaan pemilu berkualitas dan bermartabat.

“Kemitraan antara wartawan dengan Bawaslu terkait pengawasan pemilu ini merupakan hal yang sangat penting diwujudkan, sehingga tercipta pemilu yang damai dan berintegritas seperti yang kami harapkan bersama,” ungkapnya.

Sementara Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz menyampaikan gagasan perencanaan pengawasan pemilu bersama Bawaslu setempat, dinilai sebagai langkah positif dalam menciptakan proses pemilu berkualitas dan bermartabat.

“Namun tidak kalah penting, peran pers harus tetap mengacu pada kode etik jurnalistik sekaligus ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Salah satunya sebagai kontrol, sehingga dalam melakukan Pemilu tetap berdasarkan tugas pokoknya,” jelas Abd Aziz.

Selain ikut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu berkualitas, para insan pers juga memiliki tugas maha penting untuk tetap mengawal pelaksanaan pemilu demi mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi berkualitas, jujur, adil, bebas dan transparan.

“Kami meyakini pesta demokrasi berkualitas akan terwujud bila didukung oleh semua elemen masyarakat, di antaranya para insan pers. Karena peran aktif insan pers sangat dibutuhkan sekaligus menjadi salah satu elemen penting dalam sistem demokrasi, sebab bagaimanapun pers sehat pada akhirnya bakal melahirkan negara yang kuat,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar