Politik Pemerintahan

Banyak Anak di Ponorogo Belum Memiliki KIA

Ponorogo (beritajatim.com) – Pencetakan kartu identitas anak (KIA) yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo dari awal tahun 2019 hingga bulan Oktober ini sudah mencapai 21.177 keping. Dari blangko yang disediakan untuk tahun 2019 ini sebanyak 30 ribu keping. Artinya sampai akhir tahun nanti blangko untuk pencetakan KIA masih 9000 keping.

”Saya rasa 9000 keping itu masih cukup untuk persedian pencetakan KIA sampai akhir tahun,” kata  Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Heru Purwanto, Rabu (9/10/2019).

Setiap harinya Dispendukcapil, kata Heru mencetak 200-250 keping KIA. Pengajuannya pun ada yang lewat kolektif maupun reguler. Biasanya yang kolektif itu dari pihak sekolah, baik itu tingkat SD maupun SMP

”KIA itu diberikan kepada anak dengan usia 5-16 tahun,” katanya.

Tahun depan, Heru mengungkapkan pihaknya akan menganggarkan pembelian blangko KIA sebanyak 30 ribu keping. Diakui Heru, jika kesadaran orangtua untuk mengurus anaknya mendapatkan KIA masih kecil. Walaupun setiap hari pasti selalu ada yang mengurus tapi belum banyak.  Rata- rata setiap golongan umur ada 11 ribu anak-anak yang berhak mendapatkan KIA.

”Jadi kira-kira ada sekitar 100 ribu anak Ponorogo belum mempunyai KIA,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar