Politik Pemerintahan

Banggar DPR RI Perjuangkan Sumenep Punya Kawasan Ekonomi Khusus

Sumenep (beritajatim.com) – Ketua Banggar DPR RI MH Said Abdullah akan berjuang agar Sumenep memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), khususnya potensi perikanan, garam, dan sumber daya laut lainnya.

“KEK Sumenep akan bisa memberikan dampak bagi pembagunan daerah dibanding lembaga seperti Badan Pengelola Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) yang selama ini tidak berjalan efektif bagi pembangunan di Madura,” katanya saat menerima kunjungan DPRD Kabupaten Sumenep, Kamis (6/2/2020).

Said Abdullah yang juga putra asli Sumenep ini menjelaskan, kunjungan DPRD Sumenep tersebut untuk berkonsultasi mengenai kebijakan anggaran terutama terkait dengan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

“Alokasi TKDD memang belum bisa memenuhi semua kebutuhan daerah. Namun, kami berharap alokasi anggaran TKDD yang sudah diperuntukkan untuk Sumenep bisa dioptimalkan agar bisa mendukung pembangunan daerah,” katanya

Sementara Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir menjelaskan, saat ini Sumenep memiliki banyak program strategis, di antaranya pembangunan jalan nasional, pasar, ‘sport centre’, dan pelabuhan.

“Tidak semua program itu bisa dibiayai oleh APBD Sumenep. Karena itu, perlu ada perhatian dari pemerintah pusat dan Banggar DPR RI untuk mempertimbangkan menambah anggaran TKDD Sumenep,” katanya. Nilai transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) 2020 untuk Sumenep sekitar Rp1,9 triliun. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar