Politik Pemerintahan

Bambang Haryo Minta Kualitas Air PDAM Sidoarjo Ditingkatkan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Kualitas air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo dikeluhkan. PDAM Delta Tirta Sidoarjo diminta untuk meningkatkan kualitas air yang disuplay ke pelanggan.

Keluhan dan anjuran itu disampaikan oleh anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Sukartono saat berkunjung ke kantor PDAM Delta Tirta Sidoarjo Jalan Pahlawan Sidoarjo.

“Kualitas air PDAM sini (Sidoarjo red,) kurang bagus. Saya harap PDAM Sidoarjo bisa lebih meningkatkan kualitas air yang diberikan kepada pelanggan,” kata Bambang Haryo Sukartono Selasa (16/4/2019).

Bambang melanjutkan, Sidoarjo menjadi kota peyangga ibukota Jawa Timur yakni Surabaya. Untuk Surabaya kulitasnya sudah bagus, dan Sidoarjo dia nilai juga akan bisa bagus kualitas airnya.

Air PDAM Surabaya mengandalkan dari air Kali Mas Surabaya. Sementara Sidoarjo diapit dua sungai, pecahan Sungai Brantas atau Kali Porong dan Kalimas. Kondisi Kali Porong dia nilai lebih bagus dari pada Kali Mas.

“Tapi hasil dari Kali Mas yang dikelola PDAM Surabaya lebih bersih dan jernih. Saya yakin hasil produksi air dari kondisi Kali Porong akan bisa lebih bagus seperti Surabaya,” tandasnya membandingkan.

Dia juga meminta kepada PDAM Delta Tirta Sidoarjo untuk lebih meluaskan jaringan pelayanan PDAM ke masyarakat yang masih 37% dari total jumlah penduduk sebanyak 2,2 juta.

“Masalah air termasuk kebutuhan sehari-hari. Mada dari dulu masib mencapai prosentase itu. Harus ditingkatkan perluasan jaringan dengan program pemerintah daerah. Dan hal ini akan juga saya laporkan untuk dibantu dari pusat,” imbuh politisi Gerindra tersebut.

Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo Abdul Basith Lao mengakui untuk pelayanan jaringan PDAM masih 37%. Program perluasan jaringan juga akan dilakukan untuk tahun ini dan tahun berikutnya.

“Tahun ini spam umbulan tetap kami lakukan. Untuk pembangunan distribution center sedang dilakukan. Setelahnya juga akan dilakukan distribution center di berbagai daerah di kecamatan,” papar Basith. (isa/ted)

 

 

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar