Politik Pemerintahan

Bakesbangpol Pamekasan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Politik

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan, mensosialisasikan peningkatan kesadaran politik masyarakat dalam rangka membangun budaya demokrasi bagi generasi milenial di Auditorium Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Sabtu (30/11/2019).

Sosialisasi tersebut diikuti ratusan mahasiswa lintas prodi di perguruan tinggi yang terletak di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan. Mereka mendapat pemahaman tentang politik dari dua politisi berbeda yang tercatat sebagai anggota DPRD Pamekasan.

Kedua politisi yang diplot sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, yakni Politisi Muda Partai Demokrat Ismail, serta Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ismail A Rahim yang notanene tercatat sebagai alumni IAI Al-Khairat Pamekasan.

“Budaya demokrasi merupakan nilai dari demokrasi yang tampil dalam bentuk sikap masyarakat yang dapat diicontohkan melalui berbagai jenis perilaku. Seperti melalui sikap toleransi atas berbagai perbedaan hingga menjaga kesatuan dan persatuan,” kata Kepala Bakesbangpol Pamekasan, Imam Rifadi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan jika demokrasi sudah menjadi budaya dalam bentuk sikap dan perilaku masyarakat. Nantinya hal tersebut bakal menjadi tolak ukur sekaligus unsur peradaban dalam berbangsa dan bernegara.

“Prinsip demokrasi ini akan mampu menghasilkan budaya demokrasi. Sebab jika kita saling percaya, bekerja sama, tenggang rasa dan lainnya. Tentunya akan terjadi tatanan kehidupan yang lebih baik, salah satunya demi mewujudkan kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” ungkapnya.

Sementara kedua pemateri dari unsur politisi, memaparkan dua sub tema berbeda yang mengarah pada grand tema yang diusung dalam sosialisasi tersebut. Ismail berbicara seputar Politik dan Demokrasi Bagi Milenial, sementara Ismail A Rahim mengupas materi seputar Peningkatan Kesadaran Politik. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar