Politik Pemerintahan

Bocoran dari Mantan Petinggi PKS Jatim

Bakal Ada Partai Baru, Fahri Hamzah Kandidat Kuat Ketua Umum

Surabaya (beritajatim.com) – Dewan Pembina Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Jatim, Hamy Wahjunianto yang merupakan mantan Ketua DPW PKS Jatim 2010-2015 membocorkan dalam waktu dekat akan muncul partai baru di Indonesia. Apa nama partai itu?

“Hingga saat ini belum diputuskan nama partai baru itu. Kami ingin nama yang milenial dan matching ketika dipajang di ponsel. Ini tengah digodok, kemungkinan menggunakan awalan huruf G, tapi bukan Garbi,” katanya kepada wartawan di RM Mang Kabayan Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Apakah partai baru itu ada kaitannya dengan ormas Garbi?

“Kami menilai bahwa satu-satunya jalan yang efektif untuk melakukan perubahan adalah melalui jalur politik. Sementara, Garbi kami tegaskan tak mungkin menjadi partai politik, sehingga perlu entitas politik lain di luar Garbi. Garbi berjuang sebagai ormas, sementara partai ini akan melalui politik. Ini semacam double track,” tegas Hamy yang saat ini masih menjabat sebagai anggota Komisi A DPRD Jatim dari PKS ini dan mengaku telah mengundurkan diri dari PKS.

Menurut mantan Bos YDSF ini, partai baru ini akan dideklarasikan pada awal tahun 2020 atau sebelum ajang Pilkada serentak digelar pada September 2020.

“Rencananya, kami akan deklarasi pada akhir tahun ini. Namun, kami sepakat untuk menunda hingga awal tahun depan sebelum Pilkada Serentak 2020. Kami ingin mengirim jago-jago kami pada Pilkada 2020,” tuturnya.

Selain soal nama partai, para calon pengurus juga menyiapkan rancangan struktur di DPP. Rencananya, dua mantan politisi senior PKS, Fahri Hamzah hingga Mahfudz Siddiq akan diusulkan menjadi Ketua Umum partai baru ini. Sedangkan, mantan Presiden PKS Anies Matta akan didaulat sebagai Dewan Pembina Partai.

“Kedua nama calon ketua umum itu menguat di internal kami. Partai ini nantinya akan menggabungkan konsep ideologi nasional religius yang disingkat dalam Indeks yakni Islam, Nasional, Demokrasi dan Kesejahteraan,” jelasnya.

9

Selain Hamy, ada sejumlah mantan politisi PKS Jatim yang rencananya bergabung di partai ini. Di antaranya, mantan Ketua Deputi Pendidikan DPW PKS Jatim yang kini menjadi Ketua Garbi Jatim, Ahmad Hasan Bashori, hingga Ahmad Subhan yang kini menjadi Ketua Garbi Kota Surabaya.

Dari jajaran anggota Fraksi PKS di DPRD Jatim, juga ada nama Ja’far Tri Kuswahyono, M Siroj serta Hamy. Bersama Hamy, Ja’far maupun Siroj saat ini telah bergabung di Garbi Jatim. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar