Politik Pemerintahan

Apkasi Fokus Kerek Kapasitas Daerah untuk Pelayanan Publik hingga SDM

Banyuwangi (beritajatim.com) – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se-Indonesia (Apkasi) akan terus menggeber program peningkatan kapasitas daerah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat daerah, kualitas sumberdaya manusia (SDM), pelayanan publik, dan pemajuan kebudayaan.

Demikian disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang telah dipilih sebagai ketua umum pergantian antar-waktu untuk memimpin organisasi para bupati di Tanah Air tersebut. Anas menggantikan ketua umum sebelumnya, Mardani H. Maming, yang kini sudah tak lagi menjabat sebagai bupati.

“Kami bersama seluruh sahabat-sahabat bupati akan meneruskan program Pak Mardani Maming, dan memberi penekanan pada penguatan ekonomi daerah, pelayanan publik, SDM, serta pemajuan seni-budaya,” ujar Anas, Kamis (4/7/2019).

Anas mencontohkan, ada ruang penguatan kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata terkait peningkatan ekonomi kabupaten terdepan. “Saat ini berkembang crossborder tourism, tentu itu mesti dikolaborasikan Kemenpar dan Apkasi sehingga memberi nilai tambah optimal bagi masyarakat daerah, sekaligus itu nanti jadi instrumen memajukan seni-budaya daerah,” terangnya.

Anas menambahkan, Apkasi juga bakal mendorong keselarasan program pemerintah pusat dan daerah.

“Misalnya, Presiden Jokowi memberi sinyal ke depan akan fokus di pembangunan sumberdaya manusia, nah itu kan butuh kaki di daerah, maka kabupaten harus meresponsnya dengan kebijakan penunjang. Jadi makin optimal dampaknya ke masyarakat,”

“Jadi peningkatan SDM daerah juga menjadi fokus Apkasi, misalnya soal kolaborasi dengan pemerintah provinsi terkait pengelolaan SMA dan SMK, atau kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk kerek SDM anak-anak muda daerah,” imbuh Anas.

Sementara itu, Sekjen Apkasi Najmul Akhyar mengatakan, sejumlah program yang terus dilakukan Apkasi antara lain memfasilitasi UMKM-UMKM daerah untuk memperluas pasarnya. Bukan hanya pasar nasional, tapi juga internasional.

“Misalnya dengan Apkasi Otonomi Expo yang juga memamerkan beragam UMKM daerah. Kami juga terus membangun hubungan dagang dan bisnis dengan luar negeri. Sehingga potensi ekonomi daerah bisa dipasarkan ke dunia internasional. Dengan sendirinya itu menggerakkan ekonomi rakyat di daerah,” ujar Najmul yang juga bupati Lombok Utara.

Dari sisi pelayanan publik, sambung Najmul, dilakukan peningkatan kapasitas melalui kolaborasi antardaerah. Apkasi juga mempunyai program kursus-kursus singkat untuk meningkatkan kapasitas para penyelenggara negara di daerah dalam menjalankan pelayanan publik. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar