Politik Pemerintahan

Antisipasi Kelelahan, Petugas PPS dapat Layanan Kesehatan Gratis

Malang (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan memberikan layanan kesehatan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Malang. Layanan kesehatan diberikan kepada petugas PPS dan PPK yang sedang melakukan penghitungan suara ditingkat kecamatan.

Komisioner KPU Kota Malang, Ashari Husen mengatakan, pelayanan kesehatan bekerja sama dengan Dinkes Kota Malang. Tujuannya untuk memberi pelayanan kesehatan bagi petugas yang kelelahan. Sebab, pekerjaan PPS dan PPK dianggap menguras tenaga.

“Petugas kesehatan diterjunkan untuk memantau kondisi kesehatan petugas. Mereka melakukan pengecekan kesehatan petugas yang melaksanakan proses rekapitulasi di setiap PPK,” kata Ashari, Selasa, (23/4/2019).

Petugas kesehatan yang memberi pelayanan kesehatan dari Puskesmas yabg ada di wilayah kecamatan itu. Adapun lima kecamatan di Kota Malang adalah, Klojen, Sukun, Kedungkandang, Lowokwaru, dan Blimbing.

Petugas kesehatan dari Puskesmas ini mulai memberikan layanan kesehatan di kecamatan, sejak Senin, (22/4/2019) kemarin. Sedangkan, pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain, cek tensi darah hingga pemberian vitamin.

“Ini sebagai motivasi baru kepada petugas yang rekapitulasi agar mampu menjaga kesehatan. Kerjanya juga cukup berat, rata-rata yang sakit itu karena kelelahan,” papar Ashari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari mengungkapkan bahwa petugas kesehatan sebenarya disiagakan sejak tanggal 17 April di masing-masing kecamatan. Menurutnya, hal itu sesuai imbauan dari Wali Kota Malang.

“Mengingat banyak kejadian gangguan kesehatan pada petugas pemilu. Kami siaga di lima kecamatan. Prinsipnya kita siaga agar dapat memberikan pertolongan saat terjadi gangguan kesehatan,” tandas Asih. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar