Politik Pemerintahan

Anggota PPS Tlogomas Kota Malang Meninggal Dunia Usai Antar Kotak Suara

Malang(beritajatim.com) – Kabar duka datang dari TPS 04 Kelurahan Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang. Seorang anggota PPS, Agus Susanto (40) meninggal dunia usai mengantarkan kotak suara dari TPS menuju ke Kelurahan Tlogomas, Kamis, (18/4/2019).

Ketua KPU Kota Malang, Zainudin mengatakan bahwa Agus meninggal di rumah pada pukul 03.00 WIB. Sebelumnya usai melakukan pemungutan dan penghitungan suara yang berakhir hingga dini hari, dia mengantar kotak suara ke kelurahan sekira pukul 02.00 WIB.

“Beliau baru menyelesaikan tugasnya setelah mengirimkan kotak suara ke kelurahan beliau dipanggil Allah. Tidak ada tanda-tanda sakit. Kami ucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya,” papar Zainudin.

Zainudin menuturkan, atas kejadian ini seluruh komisioner KPU Kota Malang bakal datang ke rumah duka untuk bertemu keluarga. Selain mengucapkan bela sungkawa, KPU Kota Malang bakal memberikan santunan ke keluarga Agus.

“Kami akan ke rumah duka, untuk memberikan santunan ke anggota kami. Memang kinerja PPS cukup berat. Sejak dilantik pada bulan Maret praktis kerja mereka hampir sebulan penuh,” kata Zainudin.

Zainudin mengungkapkan, total anggota PPS di Kota Malang sebanyak 21.285 orang. Mereka bekerja dengan honor untuk ketua Rp550 ribu, anggota Rp 500 ribu, Limnas Rp 400 ribu. Mereka tidak dilengkapi asuransi, padahal kerja mereka cukup berat.

Kedepan KPU Kota Malang bakal mengusulkan asuransi bagi anggota PPS. Hal itu bakal masuk didalam evaluasi dan rekomendasi yang bakal dikirim ke KPU Provinsi. Sebab, di Kota Malang kejadian serupa bukan pertama kali. Pada Pemilu 2014 seorang anggota PPS di Sukun, Kota Malang juga meninggal dunia karena kelelahan.

“Memang belum ada asuransi karena belum masuk ke anggaran 2019. Soal asuransi ini akan dijadikan evaluasi dan kita laporkan ke provinsi. Ini akan kami sampaikan soal asuransi,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar