Politik Pemerintahan

Anggota DPRD Pamekasan Purna Tugas Bakal Dapat Pesangon

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 45 anggota DPRD Pamekasan, Periode 2014-219 bakal menerima pesangon melalui dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat, pasca jabatan mereka berakhir pada 21 Agustus 2019 mendatang.

Pemberian pesangon tersebut berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2007, serta Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2006. “Sesuai regulasi, para dewan yang purna tugas bakal diberikan uang pesangon,” kata Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Pamekasan, M Imam, Jum’at (9/8/2019).

“Untuk total yang akan diterima para anggota DPRD Pamekasan variatif, yakni menyesuaikan dengan masa kerja sebagai wakil rakyat. Misalnya masa kerjanya satu tahun, maka uang pesangon yang akan diterima sebesar satu kali uang representasi dan seterusnya,” ungkapnya.

Namun untuk anggota dewan yang masa kerjanya selama lima tahun, maka uang pesangon yang akan mereka terima yakni enam kali uang representasi. “Karena dari 45 anggota dewan di DPRD Pamekasan, sebagian ada yang menjabat selama satu tahun,” imbuhnya.

Dari 45 anggota dewan yang menjabat selama satu tahun, yakni Bambang Harto Tjahjono yang menggantikan posisi Sri Wahyuni Ningsih yang meninggal dunia melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di internal Partai Bulan Bintang (PBB).

“Jadi besaran uang representasi yang akan diterima anggota dewan yang menjabat selama satu tahun, hanya sebesar Rp 2,1 juta atau satu kali uang representasi sebagai wakil rakyat,” jelas pria yang akrab disapa Imam.

Hal tersebut berbeda bagi legislator yang menjabat posisi strategis, semisal Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pamekasan, mereka akan menerima uang representasi tambahan didasarkan pada jabatannya. “Khusus jabatan ketua akan menerima uang representasi sebesar Rp 1,675 juta, sedangkan wakil ketua sebesar Rp 1,575 juta,” imbuhnya.

“Sementara proses pencairan uang pesangon ini nantinya baru bisa dicairkan pasca pelantikan 45 anggota DPRD Pamekasan Periode 2019-2024. Langsung ke nomor rekening masing-masing anggota dewan (periode 2014-2019),” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar