Politik Pemerintahan

Alat Kelengkapan DPRD Pamekasan Tunggu Status Ketua Rampung

Tiga Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Periode 2019-2024, Harun Suyitno (kiri), Hermanto (tengah) dan Syafiuddin (kanan) bersama keluarga pasca pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Tiga Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Periode 2019-2024, dipastikan sudah dilantik dan diambil sumpahnya sebagai pimpinan pada Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Wakil Rakyat di Jl Kabupaten 107 Pamekasan, Jum’at (11/10/2019) lalu.

Ketiga Wakil DPRD Pamekasan tersebut, merupakan para politisi dari tiga parpol berbeda yang dipastikan sebagai partai politik (parpol) pemenang pemilu. Masing-masing Harun Suyitno dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hermanto dari Partai Demokrat, serta Syafiuddin dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hanya saja untuk posisi Ketua DPRD Pamekasan, yang bakal kembali ditempati politisi asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hingga saat ini belum dilantik dan masih memasuki tahapan pengajuan ke Gubernur Provinsi Jawa Timur.

“Untuk posisi ketua dewan masih menunggu dari Pemprov (Pemerintah Provinsi) Jatim, dan sudah kami ajukan sejak sepekan lalu pasca kita terima surat dari PPP Pamekasan,” kata Sekretaris DPRD Pamekasan, Masrukin kepada beritajatim.com, Senin (14/10/2019).

Selain itu pihaknya berharap proses pengajuan tersebut bisa segera rampung, sehingga posisi ketua dewan bisa segera dikukuhkan. “Mudah-mudahan bulan ini tuntas, sehingga kita bisa langsung melengkapi AKD (Alat Kelengkapan Dewan),” jelasnya.

Seperti diketahu, posisi ketua dewan akan ditempati dua politisi PPP secara bergantian untuk lima tahun kedepan, yakni Fathor Rohman dan Halili Yasin. Keduanya bakal menjabat sebagai ketua dewan secara bergantian, masing-masing selama 2,5 tahun.

Sesuai rekomendasi yang dikekuarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, periode 2,5 tahun pertama bakal dijabat Fathor Rohman. Sementara pada 2,5 tahun berikutnya bakal dijabat Halili Yasin, itupun jika politisi senior PPP tersebut kembali menjabat sebagai Ketua DPC PPP Pamekasan, pada pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PPP Pamekasan mendatang.

Sementara komposisi di DPRD Pamekasan, yang sudah dipastikan final, baru komposisi wakil ketua dan komposisi tujuh fraksi dari total 10 parpol berbeda. Masing-masing Fraksi Demokrat dipimpin Ismail, Fraksi Gerindra dipimpin Rida’i sebagai ketua, Fraksi PKS dijabat Suyono, Fraksi PKB ditempati Khoirul Umam, serta Fraksi PPP yang dipercayakan kepada Achmadi.

Sementara dua fraksi lainnya yang merupakan fraksi parpol gabungan, masing-masing Fraksi Madani (Golkar, PBB dan Perindo) dijabat politisi Golkor, Achmad Tatang. Serta Fraksi PAN-NasDem yang dipercayakan untuk dijabat politisi muda NasDem, Hamidi. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar