Politik Pemerintahan

Akses Jalan MERR Gunung Anyar -Sidoarjo Diujicoba

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya mulai melakukan uji coba pembukaan Jalan Middle East Road (MERR) Gunung Anyar menuju Sidoarjo.

Jalan yang menghubungkan MERR Gunung Anyar ke arah Sidoarjo ini, nantinya bakal menjadi jalur alternatif bagi masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan pihaknya bersama jajaran Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) serta kepolisian melakukan uji coba jalan MERR Gunung Anyar sisi timur, sepanjang 1800 meter tersebut. “Kita buka pukul 12.00 Wib hari ini, nantinya yang jelas ada tiga lajur. Kali ini yang dibuka jalur sisi arah luar kota (Surabaya-Sidoarjo), untuk yang jalur sebaliknya, masih proses,” kata Irvan.

Irvan menyampaikan bahwa uji coba jalan yang direncanakan mulai pukul 07.00 Wib tersebut, harus terkendala dengan kondisi pada bagian sisi selatan aspal yang mengalami penurunan. Sehingga kemudian dilakukan perbaikan oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan dalam beberapa jam.

“Sisi selatan itu ada penurunan yang sangat tajam, takutnya saat mobil melaju dengan kecepatan kencang tiba-tiba ada penurunan tajam. Jadi perlu diperbaiki sedikit untuk mengantisipasi itu, namun ini sudah selesai,” ujarnya.

Menurutnya, uji coba ini akan dilakukan minimal selama seminggu ke depan. Tujuannya untuk mengetahui kendala atau kondisi jalan sebelum resmi dibuka. Sehingga pihaknya bisa segera melakukan evaluasi dan perbaikan. “Besok kita ada rapat evaluasi bersama Dishub Sidoarjo,” jelasnya.

Ia menambahkan selama ini pada saat memasuki jam-jam padat, baik pagi maupun sore, kendaraan dari Surabaya ke arah Sidoarjo banyak bertumpu di Jalan Ahmad Yani. Sehingga membuat arus lalu lintas di seputaran daerah tersebut menjadi padat. Dengan adanya jalur baru Merr Gunung Anyar ini, diharapkan mampu menambah kapasitas jalan di Surabaya. “Ini merupakan satu bagian dari inner ring road yang diharapkan mampu menambah kapasitas jalan,” terangnya.

Untuk pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di seputaran, Dishub Surabaya juga menggandeng beberapa pihak. Diantaranya, Satlantas Polrestabes Surabaya, Polsek Rungkut, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan Sidoarjo, untuk turut serta mengawasi dan melakukan pengamanan jika ada pengendara yang melanggar lalu lintas menerobos jalur sisi barat atau dari arah Sidoarjo menuju Surabaya.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar