Politik Pemerintahan

AKD DPRD Pamekasan Lengkap

Pamekasan (beritajatim.com) – Komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, dipastikan rampung menyusul penetapan Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman, Rabu (23/10/2019) lalu.

Keberadaan ketua dewan definitif, sekaligus memastikan proses kelengkapan AKD di lingkungan Gedung Wakil Rakyat Periode 2019-2024. Bahkan sehari pasca dikukuhkan sebagai pimpinan, ia langsung menggelar sidang untuk melengkapi komposisi AKD.

Bahkan dalam waktu kurang dari dua hari pasca dilantik, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) langsung merampungkan sejumlah komposisi dalam AKD. Sekalipun rapat paripurna penetapan juga harus dilakukan pada Kamis (24/10/2019) malam.

“Tadi malam kita menggelar sidang paripurna pembentukan AKD di ruang sidang DPRD Pamekasan, mulai pukul 9:00 WIB dan selesai sekitar pukul 1:00 WIB dini hari,” kata Sekretaris DPRD Pamekasan, Masrukin, Jum’at (25/10/2019).

Pasca terbentuknya AKD tersebut, para wakil rakyat nantinya akan melaksanakan berbagai program legislasi. Salah satunya penetapan APBD Perubahan dan PAK. “Pasca ini kita langsung kerja keras, marena banyak kegiatan yang harus diselesaikan pada akhir tahun 2019,” ungkapnya.

Dari AKP yang sudah dibentuk, seluruhnya merupakan sarana kebutuhan dari tugas dan fungsi legislatif. Mulai dari komposisi komisi, Badan Pembentukan Perda, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus) hingga Badan Kehormatan alias BK.

Dari komposisi komisi, tercatat sebanyak empat komisi berbeda sudah dipastikan rampung lengkap dengan komposisi ketua, sekretaris dan anggota dari 10 partai politik (parpol) berbeda yang memiliki perwakilan di gedung wakil rakyat.

Komisi 1 dipimpin Imam Hosairi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipilih sebagai Ketua Komisi. Ia bakal berkolaborasi bersama politisi muda Partai Bulan Bintang (PBB), Hamdi sebagai wakil ketua dan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jumaah sebagai Sekretaris Komisi.

Komisi 2 dipimpin politisi PPP, Ahmadi. Ia bakal bekerjasama dengan politisi Partai Gerindra, Ismail A Rahim sebagai Wakil Ketua Komisi, serta Moh Ali dari Partai Demokrat yang terpilih sebagai Sekretaris Komisi 2 DPRD Pamekasan.

Komisi 3 dijabat Ismail, politis Partai Demokrat tersebut bakal bekerjasama dengan politisi PPP, Masykur Rasyid sebagai wakil ketua bersama politisi muda Partai Gerindra, Rida’i yang didapuk sebagai sekretaris komisi.

Sedangkan Komisi 4 dipimpin politisi PPP, Mohammad Sahur. Ia kembali dipercaya memimpin komisi tersebut bersama politisi PKB, Khairul Umam dengan sekretaris dari partai politik (parpol) berlogo Ka’bah, Muksin. Sementara untuk posisi Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) DPRD Pamekasan, saat ini dijabat Politisi Partai Golongan Karya (Golkar), Ach Tatang.

AKD lainnya, yakni Banggar dan Bamus hingga BK DPRD Pamekasan. Untuk BK politisi PKS Husnol Hidayat dipercaya sebagai ketua, didampingi politisi Gerindra, Doni Febrorur Rasid sebagai wakil ketua dengan anggota dari tiga politisi dari tiga parpol berbeda, yakni Andi Suparto dari PPP, Heriyanto dari Partai Demokrat, serta Hamdi dari Partai PBB. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar