Politik Pemerintahan

Agar Bisa Nyoblos, Penghuni Lapas Jombang Rekam e-KTP

Jombang (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang, mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) setempat, Kamis (27/1/2019). Mereka melakukan perekaman e-KTP atau KTP elektronik bagi penghuni Lapas kelas IIB itu.

“Berdasarkan data yang kami terima, 600 lebih warga binaan di Lapas Jombang berusia dewasa. Makanya hari ini kita lakukan pendataan guna perekaman e-KTP,” kata Sekretaris Dispendukcapil Jombang, Dwi Yudhawati.

Dwi menjelaskan, upaya tersebut dilakukan untuk kepentingan Pemilu yang dilaksanakan 17 April mendatang. Mengingat, berdasarkan regulasi yang ada, KTP-el merupakan syarat utama bagi pemilih untuk bisa nenggunakan haknyaa,” ujarnya.

Dwi menegaskan, jemput bola tersebut dilakukan selama tiga hari. Yakni, mulai hari ini hingga 19 Januari 2019. Dengan begitu, pada saat hari H Pemilu, tidak ada lagi warga yang mengaku tidak bisa memilih lantaran tidak punya KTP.

Dwi menambahkan, bagi warga binaan di Lapas Jombang yang memiliki e-KTP namun rusak, pihaknya juga akan melakukan pencetakan kembali. Syaratnya, menunjukkan KTP lama yang rusak, selanjutnya petugas akan membantu mencetak yang baru.

Kepala Lapas Klas IIB Jombang, Wachid Wibowo, mengungkapkan, saat ini penghuni lapas yang ia pimpin sebanyak 671 orang. Dari jumlah itu, 19 diantaranya masih di bawah umur atau anak-anak.

“Dengan begitu, yang memiliki hak pilih sebanyak 652 orang. Sebagian besar merupakan tahanan titipan Kepolisian dan Kejaksaan,” kata Wachid. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar