Politik Pemerintahan

Ada yang Ingin Membonsai Gerindra di Jember

Jember (beritajatim.com) – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jember Fatkhul Hadi Muzakki menilai, ada tekanan politik pihak tertentu, yang tidak ingin partai itu menang dan menguasai parlemen.

“Indikasinnya jelas, sangat bisa dirasakan. Saya kira semua orang tahulah, tapi memang sulit dibuktikan. Begitulah faktanya,” kata mantan wartawan radio ini, Senin (6/5/2019).

“Bahkan jauh sebelum pemilu, tekanan itu sudah terjadi, yang menginginkan Gerindra hanya dapat satu kursi di DPRD Jember,” tambah Fatkhul.

Namun tekanan itu akhirnya gagal. Pemilu 2019 menjadi momentum untuk menunjukkan kekuatan politik Gerindra di Jember. “Buktinya meski kursi berkurang dari periode sebelumnya, perolehan suara tetap signifikan,” kata Fatkhul.

Gerindra dalam pemilu kali ini memperoleh 199.699 suara. Mereka mengalahkan PKB yang meraih 192.178 suara, Nasdem yang didukung 174.165 suara, dan PDI Perjuangan yang mendapat 172.871 suara.

Namun untuk urusan jumlah kursi legislator, Gerindra kalah dibandingkan PKB dan Nasdem yang masing-masing mendapat delapan kursi. Gerindra hanya mendapat tujuh kursi. Turun dua kursi dibandingkan hasil pemilu 2014. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar