Politik Pemerintahan

Umroh Gratis Kiai dan Merbot Ponorogo Sedot Anggaran Rp 4 Miliar

Ponorogo (beritajatim.com) – Keberangkatan para kiai dan merbot Ponorogo menjalankan ibadah umroh secara gratis dipastikan segera dilaksanakan. Di tingkat kecamatan pendaftaran dan seleksi sedang dilakukan. Kuota 171 kiai dan merbot telah siap.

\”Pasti berangkat sebab dananya sudah siap, yakni Rp 4 miliar. Banyak ya. Dari mana, ya APBD 2018 ini,\” kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Rabu (3/10/2018).

Karena merupakan perwujudan visi misi Pemkab Ponorogo sebagai aksi nyata dalam RPJMD, maka kegiatan ini, kata Ipong, sudah masuk dalam KUA PPAS pada tahun 2017. Lalu dibahas dalam RAPBD 2108.

\”DPRD setuju dan disahkan. Jadi kegiatan ini ya sah, legal, tidak ada korupsi di situ. RAPBD juga dievaluasi gubernur, kalau ini menyalahi aturan, pasti sudah dicoret. Anggarannya gedhe lo, Rp 4 M, kan ya mencolok,\” ujarnya setengah bertanya sambil menyatakan ternyata program ini lolos dari evaluasi gubernur Jatim.

Pemberian jatah berangkat umroh ini, lanjut Ipong, dasar pemikirannya sama dengan pemberian santunan berupa Progrsm Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM). Juga pemberian penghargaan kepada atlet berprestasi seperti kepada Aji Bangkit Pamungkas beberapa waktu lalu.

\”Untuk orang yang membutuhkan karena kondisi ekonominya yang kurang mampu dan berjasa bagi masyarakat,\” tukasnya.

Program umroh kiai dan merbot ini dilakukan lagi di 2019. Anggaran diambilkan dari pos yang sama, yaitu pos pembinaan ketakwaan masyarakat. [dil/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar