Politik Pemerintahan

Situs Dinas Pemkab Malang Kena Retas Hacker

Malang (beritajatim.com) – “Jika kita semua memiliki akses ke informasi, kita kuat. Jika kita kuat, kita masih memiliki kekuatan untuk melakukan hal-hal yang tidak mungkin. Kita melakukan hal-hal yang kita lakukan untuk orang-orang, bukan untuk keuntungan kita sendiri karena Janji dan kebohongan menjatuhkan kita, bukan maju. Kami berkata, Anda adalah sebuah ide, sama seperti kami, sama seperti kami, Anonim adalah sebuah komunitas.”

Itulah salah satu pesan yang dikirim hacker atau peretas situs milik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Malang, Rabu (26/12/2018) sore ini.

Akibat ulah jahil tersebut, orang luar yang hendak mengakses situs beberapa SKPD atau OPD pun kesulitan. Pantauan beritajatim.com, sejak kemarin Selasa (25/12/2018), beberapa situs OPD sudah tidak bisa diakses. Bahkan, hampir semua situs kedinasan diretas.

Beberapa situs OPD yang diretas tersebut diantaranya milik Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kemudian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas PU Bina Marga, Dinas PU Sumber Daya Air.

Selain itu, 15 situs OPD lain juga mengalami hal serupa. Tidak hanya itu, situs DPRD, Sekretariat DPRD, RSUD Kanjuruhan dan beberapa lainnya juga mengalami peretasan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Tien Farihah ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya peretasan sejumlah situs OPD tersebut. Tien mengatakan, pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku pengelola seluruh situs di jajaran lingkungan Pemkab Malang bakal segera melakukan perbaikkan. \\\”Diskominfo sudah menindaklanjuti dengan mengadakan maintenance untuk sekian OPD yang diretas,\\\” ujar Tien, Rabu (26/12/2018).

Peretasan situs OPD Pemkab Malang sendiri sebetulnya bukan pertama kali terjadi. Beberapa waktu lalu, beberapa situs OPD juga jadi korban peretas-peretas jahil. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar