Politik Pemerintahan

Polri Diminta Tingkatkan Pengawasan di TPS

Jakarta (beritajatim.com) – Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah yang dilaksanakan serentak, Rabu (27/6) besok. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Polri meningkatkan pengawasan dalam proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Hal ini, menurut Bambang, agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, kondusif, aman, dan damai, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dia juga meminta,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan seluruh kesiapan logistik dalam pemilu serta turut mengawasi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) agar menjalankan pemilihan umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

\”KPU harus memastikan KPPS memberikan kesempatan bagi warga yang tidak termasuk dalam daftar pemilih tetap untuk melaksanakan hak pilihnya,\” kata Bamsoet, sapaan Bambang.

Dia menjelaskan, warga yang tidak masuk daftar tetap bisa memilih dengan menunjukkan surat keterangan yaitu surat kependudukan yang diterbitkan oleh dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat. Surat tersebut menerangkan bahwa Pemilih merupakan penduduk di wilayah administratif.

\”Ha ini sesuai dengan peraturan KPU Nomor 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Walikota dan Wakil Walikota,\” kata Bamsoet. (hb/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar