Politik Pemerintahan

Motif Batik Berbaur Untungkan Pengrajin di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah pengrajin batik tulis di Desa Larangan Badung Kec Palengaan, merasa sangat diuntungkan dengan keberadaan salah satu kandidat yang mempopulerkan batik khas Pamekasan dalam momentum pilkada serentak 2018.

Salah satunya pasangan calon bernomor urut 1 pada momentum pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten, yakni Badrut Tamam dan Raja\’e (Berbaur). Bahkan baju batik yang mereka kenakan mulai populer dengan sebutan \’Batik Berbaur\’.

\”Dalam beberapa bulan terakhir, kami para pengrajin merasa diuntungkan dengan Batik Berbaur. Karena batik jenis ini banyak yang laku dan omset pemesanan juga semakin meningkat dibandingkan jenis batik lainnya,\” kata Fatimatus Zahroh, salah satu pengrajin batik di Dusun Sumber Karang, Larangan Badung, Palengaan, Minggu (1/4/2018).

Diakuinya, selama ini pihaknya hanya membatik sekitar 40 hingga 50 lembar yang terdiri dari berbagai jenis dan motif. Namun kali ini harus membatik lebih banyak karena banyaknya pemesanan yang harus dipenuhi. \”Biasanya di hari-hari normal kami membatik sekitar 40-50, tapi kali ini lebih banyak karena tingginya permintaan,\” ungkapnya.

Tidak hanya itu, banyaknya pemesanan juga menjadikan karya mereka sangat bermanfaat dan menguntungkan dari sektor ekonomi. Sekalipun harga yang mereka tawarkan juga terbilang variatif. \”Kalau soal harga beragam, ada yang harga Rp 85 ribu hingga Rp 150 ribu,\” jelasnya.

Paslon muda koalisi \’Laok Dheje\’ terbilang lihai mempromosikan produk batik lokal khas Pamekasan. Keduanya juga terlihat kompak mengenakan batik bermotif karya masyarakat Desa Toket, Kecamatan Proppo, melalui proses pewarnaan karya masyarakat di Dusun Banyumas, Desa Klampar, Kecamatan Proppo.

Tidak kalah menarik, karya tersebut diadopai oleh beberapa pembatik di Pamekasan guna menjajal peruntungan bersamaan dengan momentum pilkada serentak 2018. Bahkan hal itu juga memberikan dampak signifikan bagi masyarakat khususnya para pengrajin batik di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar