Politik Pemerintahan

Kos-Kosan di Surabaya akan Dicek IMB Hingga Instalasi Listriknya

Surabaya (beritajatim.com) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan bahwa seluruh rumah kos yang ada di Kota Pahlawan akan didata. Perijinan dan kelaikan dari rumah-rumah kos itu juga akan dipastikan dengan sangat teliti.

Kebijakan ini diambil sebagai bentuk tindak lanjut dari tragedi kebakaran maut di Kebalen yang menelan 8 korban jiwa beberapa waktu yang lalu. \”Untuk antisipasi kebakaran, saat ini Lurah dan Camat sudah memonitor kos-kosan,\” kata Wali Kota Risma.

\”Kos-kosan juga akan kita cek baik mulai untuk ijinnya serta kualitas bangunan termasuk instalasi listrik. Tim yang akan turun lengkap, mulai Cipta Karya serta PMK dan Puskesmas. Ini untuk menjaga kelayakan fungsi,\” tambahnya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu lebih lanjut menegaskan bahwa pengecekan terhadap rumah-rumah kos akan dilaksanakan seusai Lebaran nanti.

\”Termasuk soal IMB juga akan kita lihat ya. Sekarang ini juga para pemilik kos-kosan sudah kita beri edaran untuk secara rutin mengecek instalasi listrik, kompor, dan gas,\” pungkas Wali Kota Risma.

Sebagai informasi, kebakaran mau di Kebalen yang menelan 8 korban jiwa disebabkan oleh tata kelola ruangan yang buruk di rumah kos yang hanya memiliki satu akses keluar masuk dan minim jendela dan ventilasi itu.

Setelah kejadian nahas itu, Kepala Dinas PMK Candra Oeratmangun dimutasi dan saat ini menjadi Kepala DP5A Kota Surabaya. Posisi Kepala Dinas PMK hingga kini dijabat dengan status Pelaksana Tugas (Plt) oleh Kasatpol PP Irvan Widyanto. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar